Manfaatkan Sisa Umur Sebaik Mungkin – Download Khutbah Jumat Singkat Padat PDF Terbaru

ILustrasi Sisa Umur
ILustrasi Sisa Umur

Di antara karya besar Imam Syafi’i adalah, kitab Ar-Risalah yang merupakan kitab tentang ushul fiqih. Kitab Al-Umm yang merupakan kitab tentang mazhab fiqihnya. Kitab Ikhtilaf al-Hadits yang merupakan kitab tentang hadits.

Kitab Tafsir Al-Imam Asy-Syafi’i yang merupakan kitab tentang tafsir Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Beberapa sumber menyebutkan jumlah kitab karangan Imam Syafi’i lebih dari 120 buah, dan dikenal hafidz Qur’an dalam usia 7 tahun.

Bacaan Lainnya

Contoh lain orang salih yang tidak berumur panjang namun amal kebaikannya sangat banyak adalah Abu Hāmid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali, atau yang lebih dikenal dengan nama Imam al-Ghazali yang wafat dalam usia 55 tahun.

Meski berumur pendek, namun begitu besar sumbangsihnya bagi masyarakat luas, khususnya kaum muslimin. Imam al-Ghazali dijuluki hujjatul Islam karena jasa-jasanya membela kebenaran Islam dengan mempertahankan prinsip-prinsip kebenaran dengan argumen yang sulit dipatahkan oleh lawan.   

Di antara karya besar Imam al-Ghazali adalah kitab Ihya Ulumiddin yang merupakan kitab tentang akhlak dan tasawuf. Juga kitab Jawahir Al-Qur’an yang merupakan kitab tentang tafsir Al-Qur’an. Berikutnya kitab Al-Basith dan Al-Wasith yang merupakan kitab tentang ilmu fiqih dan ushul fiqih.

Demikian juga kitab Maqashid al-Falasifah dan Al-Arba’in fi Ushuluddin yang merupakan kitab filsafat dan ilmu kalam, serta lain sebagainya. Beberapa sumber menyebutkan jumlah kitab karangan Imam al-Ghazali lebih dari 200 buah.  

Jamaah Jumat yang Berbahagia

Dari apa yang dijelaskan dan dicontohkan oleh Sayyid Abdullah al-Haddad di atas sangatlah jelas bahwa pemahaman literal tentang umur yang baik hanyalah umur panjang yang dipenuhi dengan kebaikan masih memiliki kekurangan.

Pemahaman ini memang tidak salah, hanya belum akomodatif terhadap fakta bahwa banyak orang salih tidak berumur panjang. Orang-orang seperti ini meskipun tidak berumur panjang, namun amal kebaikannya sangat banyak sebagaimana disebutkan di atas, yakni Imam Syafií dan Imam al-Ghazali.   

Oleh karena itu, sekali lagi, sebaik-baik umur adalah umur yang diberkati Allah Subhanu Wa Ta’la. Hal ini meliputi umur panjang dan banyak digunakan untuk melakukan amal-mal salih dan kebajikan-kebajikan lain.

Selain itu adalah umur yang tidak panjang namun banyak digunakan untuk mengerjakan kesalihan-kesalihan hingga pada tingkat tertentu yang setara atau malahan lebih banyak dari mereka yang berumur panjang.   

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait