Khutbah Jumat Nuzulul Qur’an PDF Terbaru, Empat Keutamaan Membaca Al-Qur’an (B. Indonesia)

Khutbah jumat tentang Nuzulul Quran
Ilustrasi Nuzulul Quran

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ. خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ. اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ. عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Oleh karenanya, Ramadhan juga dikenal dengan istilah Syahrul Quran atau bulan Al Qur’an. Al-Quran merupakan kitab petunjuk yang memiliki keistimewaan. Al Qur’an merupakan kitab penyempurna daripada kitab-kitab Allah yang diturunkan sebelumnya. Selain itu, Al Qur’an juga sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW.    

Bacaan Lainnya

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah..

Pada Ramadhan 1443 Hijriyah atau tahun 2022 Masehi ini, Nuzulul Qur’an ingsya Allah jatuh pada hari Selasa, 19 April 2022 atau 17 Ramadhan. Maka tak heran banyak masyarakat yang memperingatinya dengan cara beragam, mulai dari kegiatan bersama di masjid atau mushola, buka bersama, hingga menghatamkan Al Qur’an.

Semua itu dilakukan dalam rangka menghormati turunnya kalamullah berupa Al Qur’an. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengingat sejarah dan menanamkan nilai-nilai Islam khususnya pada anak-anak sebagai generasi selanjutnya.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah..

Banyak sekali keistimewaan yang bisa kita dapatkan dari Al Qur’an. Apalagi kita mau membaca dan mengamalkannya di bulan Ramadhan. Diantara empat keistimewaan Al Qur’an yaitu:

1. Mendapat syafaat di hari kiamat

Dijelaskan dalam hadist Riwayat Muslim bahwa orang yang membaca Al Qu’ran akan mendapat syafaat di hari kiamat kelak. Tentu dengan bacaan yang benar, dengan makhorijul huruf yang benar.

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya.(HR. Muslim)

2. Orang yang lancar membaca Al-Qur’an akan bersama para Malaikat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

“Orang yang lancar membaca Al-Qur’an akan bersama malaikat utusan yang mulia lagi berbakti, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan tersendat-sendat lagi berat, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Muslim)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait