Khutbah Jumat Bahasa Indonesia PDF: Keutamaan dan Tingkatan Malam Lailatul Qadar

Keutamaan Malam Lailatul Qadar
Keutamaan Malam Lailatul Qadar

“Rasulullah apabila sepuluh malam terakhir Ramadhan telah tiba, beliau menghidupkan malam dengan shalat dan berbagai ibadah, membangunkan keluarganya untuk shalat malam dan ibadah-ibadah yang lain, bersungguh- sungguh dalam beribadah melebihi apa yang biasanya dilakukan dan tidak menggauli istri-istrinya”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).  

Sepuluh hari terakhir Ramadhan adalah di antara waktu yang paling baik dan mustajabah, Waktu tersebut kita manfaatkan untuk terus-menerus berdoa, doa kebahagiaan dunia-akhirat, memohon ampunan dosa, keberkahan rezeki, panjang umur dalam ketaatan, terhindar dari segala macam musibah dan wabah, dan lain sebagainya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Bacaan Lainnya

   وَيُسْتَجَابُ لِأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ، يَقُوْلُ دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِي (أَخْرَجَهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ)

Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selagi ia tidak tergesa-gesa untuk dikabulkan dengan mengatakan: aku telah berdoa tapi belum juga dikabulkan(HR. Al-Bukhari dan Muslim).  

Hadirin Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah..

Malam al-Qodr (malam seribu bulan) juga hanya ada di bulan Ramadhan yang bernilai lebih dari seribu bulan (83 th lebih 4 bln). Sebagai contoh, seorang yang berjumpa dengan Ramadhan 10 kali saja yang berarti menemui malam al-Qodr 10 kali, maka sama dengan ia “bersalto” melompati umurnya sendiri hingga seperti berumur 833 tahun lebih 4 bulan yang digunakan untuk beramal sholih. Belum lagi “kesaktian” bulan Ramadhan yang lain, seperti puasa wajib, shalat terawih, zakat fitrah dan lain-lain.

“Lompatan” besar bagi umat Muhammad bersama Ramadhan inilah rupanya yang menjadikan juara pertama di yaumul hisab. Sebab, amal umat Muhammad lebih banyak dibanding dengan umat-umat terdahulu yang berumur panjang-panjang.

Dalam kitab Nihayat Az-Zain, Syaikh Muhammad bin Umar bin Ali Nawawi Al-Jawi, beliau menyebutkan cara menghidupkannya dengan 3 tingkatan:

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait