Khutbah Jumat Singkat Bahasa Indonesia PDF: Hakikat Kalimat Tauhid

Ilustrasi kalimat lailaha illallah freepik
Ilustrasi kalimat lailaha illallah freepik

أَفْضَلُ الذِّكْرِ لَااِلهَ اِلَّا اللهُ وَأَفْضَلُ الدُّعَاءِ اَلْحَمْدُ للهِ

Artinya: “Yang paling utama dari dzikir adalah La ilaha illallah, dan paling utama doa adalah Alhamdulillah.” (HR. Tirmidzii, Al-Nasai, Ibn Majah)

Bacaan Lainnya

Kalimat La ilaha illallah disebut sebagai dzikir yang paling utama, karena kalimat tersebut menunjukkan kesaksian dan menancapkan kalimat Allah di dalam hati. Kalimat tersebut juga menolak semuanya kecuali hanya Allah SWT.

Kalimat La ilaha illallah bisa naik sendiri menuju Arsy tanpa bantuan Malaikat. Seperti firman Allah SWT dalam Al Qur’an:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعًا ۚ إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ ۚ

Artinya: Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. (QS Al-Fatir: 10)

Dalam tafsir Tabrani dijelaskan bahwa “al-Kalim Al-Thoyyibu” atau ucapan baik yang dimaksud dalam ayat tersebut yaitu kalimat Laa ilaaha illa Allah.

Ada juga salah satu pendapat menegaskan bahwa yang dimaksud ucapan baik yaitu kalimat Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu Akbar. Dan ada lagi yang menyebutkan bahwa ucapan yang baik tersebut yaitu semua ucapan-ucapan baik yang membuat Allah SWT Ridlo.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumulloh.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait