Khutbah Jumat Akhir Bulan Dzulqa’dah: Bersiap Menyambut Idul Adha (B. Indonesia)

gambar ilustrasi bulan dzulqadah
gambar ilustrasi bulan dzulqadah

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang sangat bersejarah bagi umat Islam yang biasa dinsebut bulan haji. Karena pada tanggal 9 di bulan (dzulhijjah) kaum muslimin yang beribadah haji melaksanakan wukuf di Arafah sementara yang tidak beribadah haji melaksanakan puasa sunnah Arafah.

Kemudian pada tanggal 10 di bulan tersebut umat Islam memperingati hari raya Idul Adha atau kita biasa mengenal dengan hari raya kurban. Amalan yang dianjurkan pada bulan Dzulhijjah misalnya:

Bacaan Lainnya

Pertama, Puasa Arafah yaitu puasa sunnah yang dijalankan pada tanggal 09 Dzulhijjah tahun Hijriyah bagi umat muslim yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Cara melaksanakan puasa arafah sama seperti puasa sunnah lainnya. Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Amalan yang kedua adalah berqurban. Hari raya Idul Adha atau sering dikenal dengan hari raya qurban, karena pada tanggal 10 Dzulhijjah tersebut, umat Islam berusaha menyisihkan sebagian hartanya untuk bisa membeli binatang korban.

Nabi Muhammad SAW dalam hadits juga telah mengingatkan umatnya tentang perintah berkurban.

عَنْ َأبِي هُرَيْرَة: َأنَّ رَسُوْل اللهِ صلى الله عليه وسلم قال : مَنْ كَانَ لهُ سَعَة وَلمْ يَضَحْ فَلا يَقْربَنَّ مُصَلَّانَا (رواه احمد وابن ماجه)

Artinya: Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami. (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Dalam hadits lain dikatakan sebagai berikut:

يَا يُّهَاالنَّاسُ اِنَّ عَلى كُل أهْلِ بَيْتٍ في كلِّ عَامٍ أُضْحِيَّة

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya atas tiap-tiap ahli rumah pada tiap-tiap tahun disunatkan berkurban,” (HR Abu Dawud).

Berkurban merupakan perintah Allah kepada hamba-Nya. Syariat kurban disebutkan Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al-Kautsar ayat 2.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ – ٢

Artinya: Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Arti Kurban dalam Islam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait