Khutbah Jumat HUT RI Terbaru PDF: Cara Umat Islam Mengisi Kemerdekaan (B. Indonesia)

ilustrasi merayakan hut ri
ilustrasi merayakan hut ri

MUKADDIMAH KHUTBAH JUMAT

الحَمْدُ للهِ الّذِي لَهُ مَا فِي السمَاوَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ وَلَهُ الحَمْدُ فِي الآخرَة الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وهو الرّحِيم الغَفُوْر

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَاِبهِ الهَادِيْنَ لِلصَّوَابِ وَعَلَى التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ اْلمَآبِ

Bacaan Lainnya

اَمَّا بَعْدُ، فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّوَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Jamaah Jumat yang Berbahagia

Rasa syukur hendaknya terus kita panjatkan kepada Allah SWT lantaran hingga Jumat ini diberikan nikmat iman dan Islam. Dengan kedua nikmat tersebut kita dapat menjalankan shalat Jumat berjamaah di masjid yang penuh berkah ini. Sebagai bentuk syukur, mari terus menambahkan takwallah yakni dengan menjalankan perintah dan menjauhi yang dilarang.

Hadirin Rahimakumullah

Khalifah kedua, Sayyidina Umar bin Khattab Radliyallahu Anhu pernah menyampaikan kalimat berikut:

 مَتَى اسْتَعْبَدْتُم النَّـــــــــاسَ وَقَدْ وَلَدَتْهُمْ أُمَّهَاتُهُمْ أَحْرَارًا؟

Artinya: Sejak kapan kalian memperbudak manusia, sedangkan ibu-ibu mereka melahirkan mereka sebagai orang-orang merdeka. (Lihat: Al-Wilâyah ‘alal Buldân fî ‘Ashril Khulafâ’ ar-Râsyidîn).

Sayyidina Umar memang menyampaikannya dengan nada tanya, namun sesungguhnya amirul mukminin ini sedang mengorek kesadaran kita tentang hakikat manusia.

Menurutnya, manusia secara fitrah adalah merdeka. Bayi yang lahir ke dunia tak hanya dalam keadaan suci tapi juga bebas dari segala bentuk ketertindasan. Karena itu Islam mengizinkan membela diri ketika kezaliman menimpa diri.

Bahkan, pada level penjajahan yang mengancam jiwa, umat Islam secara syar’i diperbolehkan mengobarkan perang. Perang dalam konteks ini adalah untuk kepentingan mempertahankan diri (defensif), bukan perang dengan motif asal menyerang (ofensif).

Jamaah Jumat yang Berbahagia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait