Kultum Ramadhan PDF Terbaru: Allah Bahagia Jika Ada Hamba Yang Tobat

Ilustrasi Berdoa Kepada Allah SWT
Ilustrasi Berdoa Kepada Allah SWT

Sementara semua hal ini mustahil ada pada Allah yang Mahasempurna. Demikian dijelaskan oleh Ibnu ‘Allan dalam kitabnya Dalilul Falihin juz I halaman 97.

Kisah ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa Allah menjadi sangat ridha kepada manusia yang mau bertaubat secara serius dengan tobat nasuha. Taubat secara serius disebut nasuha karena pelakunya benar-benar menasehati dirinya sendiri untuk berhenti dari dosa dan menyesalinya. 

Bacaan Lainnya

Keridhaan Allah yang tak terkira muncul karena pertobatan hamba-Nya yang dilakukan secara serius. Sebanyak, seberat dan separah apapun dosa yang dilakukan, kalau orang mau bertaubat kepada Allah maka tetap akan diterima dan diridhai oleh-Nya. Allah akan menggelar Rahmat atau kasih sayang-Nya seluas-luasnya kepada orang-orang yang mau bertobat, dan akan memuliakannya.

Nah, bulan Ramadhan yang penuh kasih sayang dan ampunan, semestinya digunakan sebagai momentum pertobatan manusia dari segala dosanya. Yaitu dengan melakukan taubat nasuha, taubat yang sebenar-benarnya.

Dengan bertobat sebenar-benarnya di bulan Ramadhan, maka akan menjadikan Allah sangat ridha kepada kita. Selain itu Allah juga mencintai orang-orang yang mau bertobat dari segala dosanya. Dalam hal ini Allah berfirman:

 إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ البقرة: ٢٢٢

Artinya, “Sungguh Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri.” (QS Al-Baqarah: 222).

*Penulis: Ustadz Ahmad Muntaha AM, Redaktur Keislaman NU Online dan Founder Aswaja Muda

Silahkan bergabung dengan kami di Grup Telegram, Wa, atau Facebook untuk mendapatkan materi terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com Klik JOIN NOW

Pos terkait