Merenungi Hakikat Doa dan Ikhtiar, Khutbah Jumat Terbaru Tahun 2021

Ilustrasi Doa dan Ikhtiar
Ilustrasi Doa dan Ikhtiar

Banyak orang yang putus asa karena sudah berusaha dan berdo’a namun keinginannya belum terkabul. Padahal, segala upaya sudah dilakukan mulai dari ikhtiar hingga berdo’a bahkan menambah amalan ibadah-ibadah yang lain. Namun, belum juga mencapai hasil yang diinginkan. Mengapa demikian?

Dalam materi khutbah Jum’at kali ini akan dijelaskan tentang hakikat ikhtiar dan do’a. Kita perlu mengetahui hakikat keduanya agar hati menjadi tenang dan dapat meningkatkan keimaman dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Materi khutbah ini ditulis oleh Muhammad Faizin, Sekretaris MUI Provinsi Lampung. Semoga bermanfaat..

Bacaan Lainnya

KHUTBAH PERTAMA

 اَلْحَمْدُ للهِ الْمَوْجُوْدِ أَزَلًا وَأَبَدًا بِلَا مَكَانٍ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ الْأَتَمَّانِ الْأَكْمَلَانِ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ :إِنَّ ٱللَهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنفُسِهِمْ

Maasyiral Muslimin rahimakumullah,

Pada Jumat kali ini marilah kita menata hati, menata niat, hadir di majelis mulia ini semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT dan mengharap ridha dan berkah dari-Nya. Jangan sampai niatan kita hadir di majelis ini untuk sekadar menggugurkan kewajiban kita, apalagi menjadi sebuah keterpaksaan. Tentu jika ada terbersit seperti ini dalam hati kita maka apa yang kita lakukan ini akan sia-sia dan akan terasa berat yang akhirnya tidak mendapatkan kualitas ibadah yang baik.

Mari jadikan momentum rangkaian ibadah Jumat setiap pekannya sebagai motivasi untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala sekaligus memperbaiki diri dalam memahami ilmu-ilmu agama melalui materi-materi khutbah Jumat yang disampaikan oleh para khatib.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait