Download Naskah Khutbah Jumat PDF Singkat Lengkap Dengan Doanya: Pesan Allah Untuk Kita

Pesan Allah Bagi Manusia
Pesan Allah Bagi Manusia

Allah berfirman:

وَٱلَّذِینَ جَـٰهَدُوا۟ فِینَا لَنَهۡدِیَنَّهُمۡ سُبُلَنَاۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلۡمُحۡسِنِینَ

Bacaan Lainnya

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik. (Surat Al-Ankabut: 69)

وَٱعۡبُدۡ رَبَّكَ حَتَّىٰ یَأۡتِیَكَ ٱلۡیَقِینُ

dan sembahlah Tuhanmu sampai yakin (ajal) datang kepadamu. (Surat Al-Hijr: 99).

Berdasar kedua ayat tersebut, sangat harus bagi kita untuk terus berusaha dalam meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah. Juga istikamah beribadah sampai terpatri dalam hati kita sebuah keyakinan.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Allah SWT mempunyai pesan-pesan penting bagi umat manusia. Pesan-pesan inilah yang akan menyelamatkan kita di dunia hingga di akhirat kelak. Pesan Allah yang pertama sebagaimana hadis Qudsy, Rasulallah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فِيمَا رَوَى عَنِ اللهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى أَنَّهُ قَالَ: «يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي، وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا، فَلَا تَظَالَمُوا

Dari Abi Dzar, dari Nabi SAW yang telah diilhami oleh Allah yang mmengatakan: Wahai hambaku, Aku (Allah) sungguh melarang kezaliman pada diri-Ku sendiri, Aku juga melarang kalian saling berbuat kezaliman.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Pesan Allah yang kedua sebagaimana lanjutan dari redaksi hadis di atas. Yang merupakan amanah Allah agar senantiasa meminta petunjuk kepada-Nya:

يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلَّا مَنْ هَدَيْتُهُ، فَاسْتَهْدُونِي أَهْدِكُمْ

Wahai hambaku, kalian semua adalah orang yang tersesat, kecuali mereka yang aku tunjukkan jalannya. Maka mintalah kepada-Ku petunjuk itu. Kemudian Allah juga berpesan agar selalu tolong-menolong sesama manusia.

Pesan yang ketiga tergambar dalam terusan hadis di atas:

 يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ جَائِعٌ، إِلَّا مَنْ أَطْعَمْتُهُ، فَاسْتَطْعِمُونِي أُطْعِمْكُمْ

Wahai hamba-Ku, kalian semua adalah orang yang kelaparan. Kecuali orang yang aku beri makan. Maka mintalah rezeki kepada-Ku.

Yang keempat, Allah berpesan kepada hamba-Nya:

يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ عَارٍ، إِلَّا مَنْ كَسَوْتُهُ، فَاسْتَكْسُونِي أَكْسُكُمْ

Wahai hamba-Ku, kalian semua itu telanjang. Kecuali orang yang aku beri pakaian.

Pesan Allah yang kelima:

يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا، فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ

Wahai hamba-Ku, kalian semua sering berbuat kesalahan siang dan malam. Namun, aku ampuni dosa-dosa itu semua. Maka, mintalah ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait