Naskah Khutbah Jumat Tentang Lima Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

khutbah jumat menyambut bulan ramadhan
Ilustrasi Ramadhan Karim

Keempat, persiapan dana

Pada bulan Ramadhan ini setiap muslim dianjurkan memperbanyak amal shalih seperti infaq, shadaqah dan ifthar (memberi bukaan). Maka, sebaiknya dibuat sebuah agenda maliah (keuangan) yang mengalokasikan dana untuk shadaqah, infaq serta memberi ifhtar selama bulan Ramadhan.

Bacaan Lainnya

Moment Ramadhan merupakan moment yang paling tepat dan utama untuk menyalurkan ibadah maliah kita, karena mengikuti sunnah Rasul saw. Termasuk dalam persiapan maliah adalah mempersiapkan dana untuk berbuka puasa dan sahur. Begitu pula persiapan dana untuk keluarga selama i’tikaf, agar dapat beri’tikaf dengan baik tanpa memikirkan beban ekonomi untuk keluarga.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Kelima, persiapan keilmuan

Orang yang berpuasa perlu mengetahui tingkatan ibadah puasa, perusak puasa dan hal yang mengurangi pahala puasanya. Rasulullah bersabda

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعُ

Artinya: “Banyak orang yang berpuasa, namun ia tak mendapatkan apa pun dari puasanya selain rasa lapar saja.” (HR Imam Ahmad)

Karena ketika suatu ibadah tidak dilandasi ilmu, maka bisa jadi tingkat kerusakannya lebih banyak daripada kebaikannya. Maka, menjelang Ramadhan ini sudah sepatutnya kita untuk mempersiapkan keilmuan kita dengan membaca kitab/buku mengenai fiqh puasa dan ibadah yang berkaitan dengan Ramadhan seperti shalat tarawih, tadarus Al-Quran, i’tikaf dan lainnya, agar ibadah kita sesuai sunnah Nabi saw.

Kita perlu mengkaji kembali ibadah yang berkaitan dengan Ramadhan seperti shalat tarawih, tadarus Al-Quran, i’tikaf dan lainnya, agar ibadah kita sesuai sunnah Nabi saw. Salah satunya dengan tarhib Ramadhan dengan mengumpulkan kaum muslimin di masjid atau di musholla untuk diberikan pengarahan seputar puasa Ramadhan, adab-adabnya, syarat dan rukunnya, hal-hal yang membatalkannya atau amal ibadah lainnya yang dapat kita lakukan secara maksimal di bulan Ramadhan.

Rasulullah Saw pun ketika memasuki bulan Ramadhan memberikan penjelasan mengenai puasa dan keutamaan Ramadhan kepada para shahabat.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait