Teks Khutbah Jumat Ramadhan Minggu ke-1 PDF: Perbaiki Akhlak di Bulan Ramadhan (B. Indonesia)

Khutbah Jumat Ramadhan Minggu ke-1
Khutbah Jumat Ramadhan Minggu ke-1

Tidak hanya itu, kita juga tidak boleh melakukan perkara buruk lain, terlebih maksiat yang jelas keharamannya karena hal itu akan membatalkan pahala puasa kita. Oleh karena itu, hendaknya kita menjadikan Ramadhan ini menjadi madrasah untuk memperbaiki akhlak kita.

Dengan terbiasa menerapkan akhlak baik selama Ramadhan, diharapkan hal tersebut akan terus berlanjut di hari-hari setelahnya. Akhlak mulia yang kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari itu, insyaallah akan mengantarkan kita masuk ke surganya Allah swt sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah saw.

Bacaan Lainnya

 لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ اِلَّا حَسَنُ الْأَخْلَاقِ

Artinya, “Tidak akan masuk surga kecuali orang yang baik akhlaknya.”

Jamaah Jumat yang berbahagia,

Berbicara tentang akhlak, contoh atau model terbaik dalam hal itu tentu saja tidak lain adalah Nabi Muhammad saw. Sosok manusia sempurna dengan keluhuran akhlaknya. Hal ini ditegaskan secara langsung oleh Allah swt dalam Al-Qur’an Surat Al-Qalam ayat 4.

 وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ

Artinya, “Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur.”

Dalam kitab tafsir Al-Bahrul Muhith karya Imam Abi Hayyan al-Andalusi disebutkan bahwa kata ‘adhim’ pada ayat tersebut tidak lain karena kemuliaan akhlaknya. Bahkan, mengutip Sayyidah Aisyah ra dan Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah, akhlak Nabi Muhammad saw adalah Al-Qur’an. Artinya, apa yang terkandung dalam Al-Qur’an sudah terimplementasi dalam laku Rasulullah saw.

Sebagaimana diketahui bersama, Nabi Muhammad saw menghadapi zaman jahiliah, suatu masa kegelapan karena etika, moral, adab, atau akhlak yang tak dihiraukan. Kehidupan berjalan dengan sangat buruk.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait