Khutbah Jumat Bulan Syawal Terkini Indonesia: Mengoptimalkan Kebaikan di Bulan Syawal

ilustrasi bulan syawal-1
ilustrasi bulan syawal

KHUTBAH JUMAT PERTAMA

الْحَمْدُ ِللَّهِ الَّذِى كَرَّمَ بَنِى آدَمَ وَفَضَّلَهُمْ عَلَى كَثِيْرٍ مِنَ الْمَخْلُوْقَاتِ. أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ كَامِلُ الْأَسْمَاءِ والصِّفَاتِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُصْطَفَى مِنْ جَمِيْعِ الْبَرِيَّاتِ. اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ فَضَلُوْا الْأُمَّةَ بِالْعُلُوْمِ النَّافِعَةِ وَالْأَعْمَالِ الصَّالِحَاتِ

أَمَّا بَعْدُ: فَيَاعِبَادَ اللَّهِ ، إِتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ بفِعْلِ المَأمُوْراتِ وَاجْتِنَابِ المُحَرَّمَاتِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Bacaan Lainnya

Jamaah shalat Jumat hafidhakumullah,

Marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT dengan sebenar-benar taqwa, melaksanakan segala perintah-Nya dan menjahui semua larangan-Nya.

Syawal secara bahasa berasal dari akar kata syala yasyulu syaulan, yang berarati terangkat atau menjadi tinggi. Syawal mengandung pengharapan bahwa setelah mendapatkan pelatihan dan penempaan yang intensif selama bulan Ramadhan, kita dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas amal kita. Sebagai hasilnya, kita termasuk orang-orang yang beruntung dan mulia di sisi Allah SWT.

Kita diperintahkan untuk menjaga dan meningkatkan amal kebaikan yang telah berhasil kita tunaikan di bulan Ramadhan. Untuk menjaga kemenangan selepas Ramadhan, mengoptimalkan amal kebaikan di bulan Syawal ini adalah sebuah keniscayaan.

Ada banyak amal kebaikan yang disunnahkan untuk kita lakukan selama bulan Syawal. Di antaranya adalah:

1. Menunaikan Zakat Fitrah

Rangkaian ibadah selama Ramadhan kita sempurnakan dengan membayar zakat fitrah. Imam Waki’ bin Jarrah, gurunya imam As-Syafi’i, mengibaratkan zakat fitrah dengan sujud sahwi. Beliau berkata:

زَكَاةُ الْفِطْرِ لِشَهْرِ رَمَضَانِ كَسَجْدَةِ السَّهْوِ لِلصَّلَاةِ. تَجْبُرُ نَقْصَ الصَّوْمِ كَمَا يَجْبُرُ السُّجُوْدُ نَقْصَ الصَّلَاةِ. (إعانة الطالبين الجزء الثاني ص 167)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait