Khutbah Jumat Bulan Syawal Terkini Indonesia: Mengoptimalkan Kebaikan di Bulan Syawal

ilustrasi bulan syawal-1
ilustrasi bulan syawal

“(Fungsi) zakat fitrah untuk Ramadhan seperti (fungsi) sujud sahwi untuk shalat. Zakat fitrah menambal kekurangan atau cacatnya puasa sama halnya sujud sahwi menambal kekurangan atau cacatnya shalat.”

2. Shalat Idul Fitri dengan segenap ritual ibadah yang disyariatkan

Bacaan Lainnya

Sebelum berangkat shalat Idul Fitri, kita dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Berangkat ke tempat shalat sambil terus-menerus membaca takbir, hingga imam berdiri untuk memimpin shalat. Abdullah bi Umar ra. menyebutkan:

إِنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يُكَبِّرُ يَوْمَ الْفِطْرِ مِنْ حِيْنِ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ حَتَّى يَأْتِيَ الْمُصَلَّى. (رواه الحاكم)

Sungguh Rasul Muhammad SAW bertakbir pada hari Idul Fitri sejak beliau keluar dari rumah hingga tiba di tempat shalat.HR. Al-Hakim

Seusai shalat hendaknya kita menyimak khutbah dan pulang ke rumah melalui jalan yang berbeda dengan jalan yang kita lalui ketika berangkat ke tempat shalat.

3. Mengajak orang untuk menghadiri shalat Idul Fitri

Kita dianjurkan mengajak orang-orang di sekitar kita untuk bersama-sama berangkat ke masjid atau musala untuk melaksanakan shalat Idul Fitri. Ummu ‘Athiyah menuturkan:

أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ،أَنْ نُخْرِجَهُنَّ في الفِطْرِ وَالأضْحَى العَوَاتِقَ،وَالْحُيَّضَ،وَذَوَاتِ الخُدُورِ،فأمَّا الحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلَاةَ،وَيَشْهَدْنَ الخَيْرَ وَدَعْوَةَ المُسْلِمِينَ. (رواه مسلم)

Rasulallah SAW memerintahkan kami untuk mengeluarkan anak-anak gadis, wanita-wanita haid, dan gadis-gadis pingitan pada hari Idul Fitri dan Idul Adha. Adapun wanita haid, maka hendaknya mereka menjauhi shalat, meraih kebaikan dan doa kaum muslimin.HR, Muslim

Jamaah shalat Jumat hafidhakumullah,

4. Memberi ucapan selamat Idul Fitri

Hendaknya kita memberi ucapan selamat Idul Fitri kepada orang-orang yang kita jumpai dengan mengucapkan doa “Taqabbalallahu minna wa minka.” (Semoga Allah menerima semua amal kebaikan dari kami dan darimu)

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata: Para sahabat Rasulallah SAW ketika bertemu pada hari Id sebagian dari mereka mengatakan kepada sebagian yang lain, Semoga Allah menerima semua amal kebaikan dari kami dan darimu.

Sempatkan pula mengucapkan selamat kepada kerabat dan sahabat yang berada di tempat jauh melalui telepon dan media sosial.

5. Menghibur diri dengan hiburan yang halal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait