Khutbah Idul Adha Terbaik PDF: Makna Kurban Dalam Kehidupan (B. Indonesia)

ilustrasi hewan qurban
ilustrasi hewan qurban

Dalam peristiwa yang sangat mengharukan dan pada detik-detik yang amat dramatis, tiba-tiba Allah menebus Ismail dengan seekor kambing besar yang dibawa oleh malaikat:

وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ

Bacaan Lainnya

“Dan Kami tebus dia yaitu Ismail dengan suatu sembelihan yang besar. (QS. Ash Shoffat: 107)

Kaum Muslimîn dan Muslimat Rahimakumullah

Menurut naluri dan pikiran orang biasa, apa yang digelar Nabi Ibrahim as. di dalam panggung sejarah manusia adalah sesuatu yang amat sulit diterima; akan tetapi buat keluarga Nabi Ibrahim as. hal itu adalah suatu keniscayaan untuk dilaksanakan.

Sikap seperti inilah yang menunjukkan jati diri Nabi Ibrahim as. sehingga dianugerahi oleh Allah sebagai al Khalil, Imam, teladan dan idola.  Kehormatan tersebut tidak mungkin diraih tanpa didampingi oleh istri yang salihah dan anak yang saleh.

اللّٰهُ أَكْبَرُ اللّٰهُ أَكْبَرُ اللّٰهُ أَكْبَرُ، وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ

Kaum Muslimin Muslimat, Rahimakumullah.

Qurban disyariatkan untuk mengingatkan manusia bahwa jalan menuju kebahagiaan membutuhkan pengobanan dan keikhlasan. Sifat-sifat kebinatangan yang sering mendominasi diri kita harus ditundukan serta dibuang jauh-jauh. Hikmah inilah yang diajarkan dalam berqurban, seperti dalam firman Allaَh SWT. QS. Al-Hajj: 37

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj: 37)

Hadirin hadirat rahimakumullah,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait