Download Khutbah Jumat Terbaik Tahun Ini: Tiga Ancaman Bagi Orang Yang Kikir (B. Indonesia)

ilustrasi orang pelit
ilustrasi orang pelit

Kedua, kelak menerima adzab yang hina. Di dalam Al-Qur’an surat Al-Nisa [4] ayat 37, Allah berfirman:

   ۨالَّذِيْنَ يَبْخَلُوْنَ وَيَأْمُرُوْنَ النَّاسَ بِالْبُخْلِ وَيَكْتُمُوْنَ مَآ اٰتٰىهُمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابًا مُّهِيْنًاۚ

Bacaan Lainnya

Artinya: (yaitu) orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia yang telah diberikan Allah kepadanya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir azab yang menghinakan. (QS Al-Nisa [4]: 37)

Ketiga, kebakhilan akan menjadi bagian dari kegelapan di hari kiamat. Karena dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud rahimahullah, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

   “اَلظُّلْمُ ظُلُمَاتٌ يَّوْمَ الْقِيَامَةِ، وَإِيَّاكُمْ وَالفَحْشَ، فَإِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ الفَحْشَ وَلاَ التَّفَحُّش، وَإِيَّاكُمْ وَالشُّحَّ، فَإِنَّ الشُّحَّ أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، أَمَرَهُمْ بِالْقَطِيْعَةِ فَقَطَعُوْا، وَأَمَرَهُمْ بِالْبُخْلِ فبَخِلُوْا، وأمرهم بِالْفُجُوْرِ فَفَجَرُوْا”. رواه أحمد وأبو داود

Artinya: Sifat aniaya itu akan menjadi kegelapan kelak di hari kiamat. Takutlah kalian dari perbuatan tabu, karena sesungguhnya Allah Taala tidak menyukai perbuatan tabu atau keji! Dan takutlah kalian dari kikir! Karena sesungguhnya kekikiran merupakan sebab rusaknya kaum sebelum kalian. Ketika kekikiran memerintahkan mereka harus dengan memutus silaturahim, maka memilih memutusnya. Ketika kekikiran memerintahkan bakhil, mereka bakhil. Ketika kekikiran memerintahkan berbuat tidak terpuji (fujur), mereka berlaku tak terpuji. HR Abu Dawud.

Sidang Jumat yang Berbahagia

Walhasil, tidak patut bagi kita untuk berlaku kikir. Nabi SAW telah banyak memberi suri teladan mengenai jiwa sosial ini. Untuk itu, sebagai umatnya, seyogyanya kita mencontoh akhlak dan teladan Nabi Muhammad SAW.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait