Materi Khutbah Jumat Bulan Rajab PDF Terbaru: Sejarah Perintah Sholat Lima Waktu (B. Indonesia)

ilustrasi sholat lima waktu
ilustrasi sholat lima waktu

Lalu Allah mewahyukan kepadaku apa yang Dia wahyukan. Allah mewajibkan kepadaku 50 shalat sehari semalam. Kemudian saya turun menemui Nabi Musa. Lalu dia bertanya: “Apa yang diwajibkan Tuhanmu atas umatmu?” Saya menjawab: “50 sholat.”

Nabi Musa berkata: “Kembalilah kepada Tuhanmu dan mintalah keringanan, karena sesungguhnya umatmu tidak akan mampu mengerjakannya. Saya telah menguji dan mencoba Bani Isra`il dan ternyata mereka terlalu lemah untuk menanggung tugas berat.”

Bacaan Lainnya

Nabi Muhammad SAW berkata: “Aku kembali kepada Tuhanku seraya berkata, Wahai Tuhanku ringankanlah untuk umatku.” Maka dikurangi dariku lima sholat.

Kemudian saya kembali kepada Musa dan berkata: “Allah mengurangi untukku 5 sholat.” Dia berkata: “Sesungguhnya ummatmu tidak akan mampu mengerjakannya, maka kembalilah kepada Tuhanmu dan mintalah keringanan.”

Maka terus menerus saya pulang balik antara Allah SWT dan Nabi Musa, hingga Allah berkata: “Wahai Muhammad, sesungguhnya ini adalah 5 shalat sehari semalam, setiap shalat (pahalanya) 10, maka semuanya 50 shalat.

Barangsiapa yang meniatkan kejelekan lalu dia tidak mengerjakannya, maka tidak ditulis (dosa baginya) sedikitpun. Jika dia mengerjakannya, maka ditulis (baginya) satu kejelekan.” Kemudian saya turun sampai saya bertemu dengan Nabi Musa seraya aku ceritakan hal ini kepadanya.

Dia berkata: “Kembalilah kepada Tuhanmu dan mintalah keringanan,” maka sayapun berkata: “Sungguh saya telah kembali kepada Tuhanku sampai sayapun malu kepada-Nya”. (HR Muslim)

Jama’ah sholat Jum’at yang dimuliakan Allah

Sungguh rasanya kita kita ummat Islam akhir zaman ini kebanyakan kurang tau diri.

Betapa cintanya Allah kepada kita semua, sampai-sampai diberikan kesempatan untuk berdialog dengannya sebanyak 17 kali disetiap roka’at sholat lima waktu.

Tapi sayang, kesempatan yang agung ini, sering kita lupakan bahkan kita lewatkan begitu saja. Ketika diajak sholat, masih banyak yang bilang belum dapat hidayyah.

Dengan Alasan ini berarti telah membuang kesempatan untuk bisa berbisik-bisik atau berdialog dengan Allah.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait