Khutbah Jumat PDF Bulan Rajab: Bangga Bertemu Pejabat Daripada Pencipta Jagad (B. Indonesia)

gambar ilustrasi bulan rajab
Gambar Ilustrasi Bulan Rajab

Riwayat At-Thabrani menjelaskan. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.” (HR At-Thabrani).

Fadhilah selanjutnya, dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

Bacaan Lainnya

Bahkan, ada Riwayat yang menyebutkan, apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab maka akan menutup pintu neraka baginya. Apabila puasa 8 hari maka akan membuka 8 pintu surga untuknya. Apabila puasa 10 hari maka akan menghapus dosa-dosanya dan diganti dengan kebaikan.

Itulah diantara Fadhilah puasa di bulan Rajab, masih banyak lagi keutamaan-keutamaan yang diperuntukkan bagi orang yang puasa di bulan Rajab.

Pertanyannya, kapan waktu yang tepat untuk puasa Rajab? Hal ini tidak ada ketentuan. Boleh puasa di awal, tengah, maupun di akhir Rajab. Boleh puasa 1 hari, 7 hari, 10 hari, atau puasa di hari Senin dan Kamis. Boleh sehari puasa sehari tidak atau disebut puasa Dawud. Yang tidak diperbolehkan adalah puasa Rajab selama 1 bulan Penuh.

Jamaah Shalat Jumat Hafidhakumullah 

Selanjutnya, yang perlu kita lakukan di bulan Rajab ini adalah memperhatikan sholat 5 waktu kita.

Satu-satunya Ibadah dalam Islam yang tidak melalui perantara Wahyu dan Malaikat Jibril adalah Sholat. Sholat adalah perintah langsung dari Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

Yang menghadap Allah SWT adalah ruh dan jasad Nabi Muhammad SAW. Ini menunjukkan kepada Umatnya bahwa sejatinya Sholat adalah kesempatan emas bertemu langsung dengan Allah.

Namun anehnya, kita ini lebih bangga bertemu pejabat daripada sang pencipta jagad, kita lebih bangga bertemu dengan DPR, Menteri, Presiden tapi ketika waktunya sholat, waktunya bertemu dengan Allah kita merasa biasa-biasa saja. Bahkan kita sering meninggalkan sholat karena sibuk dengan urusan duniawi.

Kurang apa coba, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada Umat Nabi Muhammad untuk berdialog, berbincang langsung dengan Allah 5 kali dalam sehari semalam. Bertemu langsung dengan sang pencipta DPR, Menteri, Presiden dan pencipta jagad raya.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah

Saking cintanya Allah kepada Nabi Muhammad dan umatnya. Sampai-sampai Allah memberi banyak keringanan dalam melaksanakan sholat.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait