Teks Khutbah Jumat Terbaru PDF: Ayo Kita Sholat Berjamaah (B. Indonesia)

Ilustrasi Pelaksanaan Sholat Jum'at
Ilustrasi Pelaksanaan Sholat Jum'at

Rasululah SAW pernah memperingatkan dengan keras keharusan shalat berjamaah di masjid, sebagaimana diuraikan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari Muslim sebagai berikut:

 وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَقَدهممت أن اَمُرَ بِحَطْبٍ فَيَحْتَطِبُ ثُمَّ اَمُرَ بِا لصَّلاَةِ فَيُؤَذِّنَ لَهَا ثُمَّ اَمُرَ رَجُلاً فَيَؤُمَّ النَّاسَ, ثُمَّ اُخَالِفَ اِلَى رَجُالٍ لاَيَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ فَأُحْرِقَ عَلَيْهِم بُيُوتَهُمْ – متفق عليه

Bacaan Lainnya

Artinya: Demi jiwaku yang berada dalam kekuasaan-Nya, sungguh aku bertekad menyuruh mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku suruh seorang adzan untuk shalat dan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut shalat, kemudian aku bakar rumah mereka.

Pada suatu saat, Rasulullah didatangi oleh salah satu sahabat yang dicintainya, yaitu Abdullah bin Umi Maktum.

Ia berkata kepada Rasulullah bahwa buta dan tidak ada yang menuntunnya ke masjid sehingga memohon kepada Nabi untuk memberinya keringanan untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

Selanjutnya Rasulullah bertanya kepadanya:

 هَلْ تَسْمَعُ النّدَاءَ بِالصَّلاَةِ ؟ قَالَ نَعَمْ. قَالَ : فَأَجِبْ

Begitulah seruan Rasulullah kepada umatnya agar senantiasa menunaikan shalat berjamaah di masjid sekalipun kepada sahabatnya yang tidak bisa melihat alias buta.

Lantas bagaimana dengan kita umatnya, yang diberikan kenikmatan yang sempurna. Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah bersabda:

   لاَصَلاَةَ لِمَنْ جَارَ الْمَسْجِدَ اِلاَّ بِالْجَمَاعَة وَفِى رِوَايَة اِلاَّ فِى الْمَسْجِد – رواه احمد

Artinya: Tidak sempurna shalat seseorang yang bertetangga dengan masjid kecuali dengan berjamaah. Dalam suatu riwayat, kecuali di masjid.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah

Hadits-hadits di atas menunjukkan betapa pentingnya shalat berjamaah. Rasulullah menekankan bahwa shalat jamaah dilaksanakan di masjid. Karena masjid didirikan bukan untuk bermegah-megahan, melainkan untuk diramaikan atau dimakmurkan. Allah berfirman dalam surat At-Taubah ayat 18:

 إنَّمَا يَعْمُرً مَسَاجِدَ اللهِ مَنْ أمَنَ بِاللهِ وَاليَوْمِ الأخِرِ وَأقَامَ الصَّلاَةَ وَأَتَى الزَّكَوةَ وَلَمْ يَخْشَ إلاَّ اللهَ

Artinya: Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut selain kepada Allah.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait