Khutbah Gerhana Matahari Terbaru PDF: Iman, Cahaya, dan Tanda Kekuasaan Allah

ilustrasi gerhana matahari1
ilustrasi gerhana matahari

Bagi orang yang beriman, tanda-tanda kekuasaan Allah akan mampu menggetarkan hati dan meningkatkan imannya sebagaimana disebutkan dalam firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Anfal ayat 2:

 اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ

Bacaan Lainnya

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah mereka yang jika disebut nama Allah, gemetar hatinya dan jika dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhannya mereka bertawakal.”

Dalam ayat ini disebutkan bahwa salah satu ciri orang beriman apabila dibacakan ayat-ayat atau tanda-tanda kekuasaan Allah, maka akan bertambah iman mereka.

Bertambahnya iman ini akan semakin menyadarkan bahwa dirinya adalah orang yang lemah di sisi Allah dan Allahlah Zat yang paling besar dan kuat serta maha kuasa. Dengan dibacakan dan melihat ayat-ayat Allah, orang-orang beriman akan semakin bertambah semangat dalam beribadah.

Maasyiral Muslim hafizhakumullah,

Ayat-ayat Allah dalam konteks ini bukanlah hanya ayat qauliyah saja yakni ayat-ayat yang tertulis dalam Al-Qur’an. Namun ayat-ayat Allah ada juga yang berbentuk ayat kauniyah yakni seperti segala ciptaan Allah di muka bumi dan fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya seperti peristiwa alam, sosial, termasuk gerhana Matahari ini.

Peristiwa gerhana adalah salah satu tanda-tanda kekuasaan Allah yang menakjubkan dan mengagumkan. Gerhana merupakan kekuasaan Allah yang mampu memberi banyak hikmah yang terkadang tidak terpikirkan oleh kita. Perputaran matahari dan bulan menjadi tanda-tanda kebesarannya: Allah berfirman:

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait