Khutbah Gerhana Matahari Terbaru PDF: Iman, Cahaya, dan Tanda Kekuasaan Allah

ilustrasi gerhana matahari1
ilustrasi gerhana matahari

Khutbah ini berjudul: “Khutbah Gerhana Matahari: Iman, Cahaya, dan Tanda Kekuasaan Allah.”

Khutbah ini mengajak jamaah shalat gerhana matahari untuk mengingat kebesaran Allah taala pada peristiwa gerhana matahari.

Bacaan Lainnya

Khutbah ini mengajak jamaah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah atas nikmat penciptaan alam semesta dan gerhana matahari sebagai tanda kuasa-Nya.

Penulis: Ustadz H Muhammad Faizin, Sekretaris PCNU Kab. Pringsewu, Lampung

KHUTBAH PERTAMA

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ  ×٩ الحَمْدُ لِلّٰهِ الّذِي لَهُ مَا فِي السمَاوَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ وَلَهُ الحَمْدُ فِي الآخِرَة الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وَهُوَ الرّحِيمُ الغَفُوْرُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِي بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الهَادِيْنَ لِلصَّوَابِ وَعَلَى التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ اْلمَآبِ.

أَمَّا بَعْدُ، فَيَاأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْـتُمْ مُسْلِمُوْنَ، فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاۤءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَقِّۗ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ 

Para hadirin jamaah shalat gerhana yang semoga dimuliakan Allah,

Pada kesempatan spesial hari ini, mari kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt yang telah menunjukkan kepada kita semua ayat-ayat atau tanda-tanda kekuasaannya melalui gerhana bulan yang bisa kita lihat pada waktu ini.

Fenomena ini menunjukkan bahwa Allah swt merupakan dzat yang paling kuasa dalam mengatur apa yang terjadi di jagad raya ini. Dan ini tentu harus bisa menjadi renungan sekaligus dorongan untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah.

Dengan kekuasaan Allah yang diperlihatkan ini, ketakwaan meningkat dengan terus berkomitmen menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Keimanan pun semakin kuat dengan merasakan betapa besar kekuasaan Allah dan alangkah kecil dan lemahnya kita.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait