Khutbah Jumat NU Online PDF Terbaru: Akhir Zaman, Bentengi Generasi dengan Pendidikan (Bahasa Indonesia)

ilustrasi pendidikan anak
ilustrasi pendidikan anak

 وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ

Artinya: “Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.” (QS At-Taubah, [9]: 122).

Bacaan Lainnya

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati oleh Allah

Itulah pentingnya pendidikan yang harus kita ketahui bersama. Bahkan di saat yang mendesak sekalipun, yaitu kondisi perang, di mana umat Islam harus menjaga agamanya agar tetap tegak, pendidikan tetap harus dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan. Tujuannya tidak lain, agar keberlangsungan hidup yang benar sesuai dengan tuntunan agama bisa terus berjalan.

Tidak hanya itu, kita perlu memahami bahwa salah satu tujuan diutusnya para rasul oleh Allah swt adalah untuk menyampaikan dan mengajarkan tentang urgensi pendidikan. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an, Allah swt berfirman:

 كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ

Artinya: “Sebagaimana Kami telah mengutus kepadaMu seorang Rasul (Muhammad) dari (kalangan) kamu yang membacakan ayat-ayat Kami, menyucikan kamu, dan mengajarkan kepadaMu Kitab (Al-Qur’an) dan hikmah (sunnah), serta mengajarkan apa yang belum kamu ketahui.” (QS Al-Baqarah, [2]: 151).

Selain ayat di atas, juga disebutkan dalam beberapa hadits, bahwa diutusnya Rasulullah saw hanya untuk mendidik/mengajar. Hal ini tentu untuk kembali menegaskan bahwa pendidikan benar-benar penting. Rasulullah saw bersabda:

 إِنَّ اللَّهَ لَمْ يَبْعَثْنِى مُعَنِّتًا وَلَكِنْ بَعَثَنِى مُعَلِّمًا مُيَسِّرًا

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait