Khutbah Jumat PDF Renungan Tentang Kematian: 5 Hal Yang Membuat Suul Khotimah

Ilustrasi Kematian
Ilustrasi Kematian

Semua orang pasti menginginkan mati dalam keadaan husnul khotimah. Namun, faktanya banyak orang yang masih melakukan hal-hal yang justru menjadi pemicu meninggal dalam keadaan Suul Khotimah.

Oleh sebab itu, naskah khutbah singkat lengkap dengan doanya ini akan menjelaskan 5 hal atau sikap yang membuat seseorang meninggal dalam keadaan Suul Khotimah.

Bacaan Lainnya

Teks khutbah singkat padat penuh makna berikut tersedia versi PDF dan bisa Anda download pada menu di akhir teks. Naskah ini berbentuk A4 landcape dua kolom. Anda juga bisa memberikan kritik dan saran melalui kontak kami DISINI. Semoga bermanfaat..

Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَاأيُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ  

Jamaah yang Berbahagia

Semoga kesempatan hadir secara fisik di kesempatan Jumat ini kita terus diberikan kekuatan meningkatkan takwallah. Yakni menjalankan perintah dan menjauhi yang dilarang.

Hadirin Rahimakumullah

Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad dalam Sabîlul Iddikâr wal I’tibâr bimâ Yamurru bil Insân wa Yanqadli Lahu minal A’mâr (Dar Al-Hawi, Cetatakan II, 1998, halaman: 56) menjelaskan tentang lima golongan orang yang dikhawatirkan meninggal dunia dalam keadaan suul khatimah sebagai berikut:

   قَالُوْا: وَأَكْثَرُ مَنْ يُخْشَى عَلَيْهِ سُوْءُ اْلخَاتِمَةِ ، وَاْلعِيَاذُ بِا للهِ، اَلْمُتَهَاوِنُ بِالصَّلاَةِ، وَاْلمُدْمِنُ لِشِرْبِ الخَمْرِ، والعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ، وَالَّذِي يُؤْذِي اْلمُسْلِمِيْنَ، وَكَذَالِكَ المُصِرُّوْنَ عَلَى اْلكَبَائِرِ وَاْلمَوْبِقَاتِ، اَلَّذِيْنَ لَمْ يَتُوْبُوْا اِلَى اللهِ مِنْهَا

Artinya: Para ulama berkata bahwa orang-orang yang paling dikhawatirkan akan beroleh suul khatimah (semoga Allah melindungi kita dari hal itu) adalah orang-orang yang suka melalaikan shalat; suka minuman keras; durhaka kepada kedua orang tua; suka menyusahkan (menzaimi) muslim lainnya; dan terus-menerus melakukan perbuatan dosa besar, berbagai kekejian dan tidak mau bertobat.   

Dari kutipan di atas dapat diuraikan kelima golongan orang yang dikhawatirkan hidupnya akan berakhir dengan suul khatimah sebagai berikut:   

Baca halaman berikutnya

Pos terkait