Khutbah Jumat PDF Singkat 7 menit Bahasa Indonesia: Jaga Lisan Dari Ujaran Kebencian

Ilustrasi Menjaga Lisan
Ilustrasi Menjaga Lisan

Lisan seseorang sering kali luput dari ungkapan-ungkapan yang dapat menyakiti orang lain, baik itu disengaja atau tidak disengaja. Oleh sebab itu, nikmat lisan yang kita miliki semestinya dijaga dengan sebaik mungkin agar selamat di dunia hingga di akhirat kelak.

Oleh karenanya, khutbah jumat singkat padat dengan durasi sekitar 5-7 menit ini mengangkat tema “jaga lisan dari ujaran kebencian.” Dengan harapan, jamaah lebih berhati-hati dalam berucap.

Bacaan Lainnya

Teks khutbah jumat singkat berikut ini ditulis oleh Ustadz Syakir NF, alumnus Pondok Buntet Pesantren Cirebon. Naskah khutbah jumat tersedia versi PDF dengan ukuran kertas A4. Silahkan download pada menu yang tersedia di akhir teks. Semoga bermanfaat…

Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT

اَلْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَعْطَىنَا اللِّسَانَ بِاَفْصَحِ الْكَلَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الرَّحْمٰنُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْكِرَامُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَ اَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاۤءٌ مِّنْ نِّسَاۤءٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّۚ وَلَا تَلْمِزُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوْا بِالْاَلْقَابِۗ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِيْمَانِۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ 

Jamaah Jumat yang berbahagia,

Segala puji milik Allah swt, Tuhan semesta alam. Shalawat teriring salam, semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad saw. Juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan kita semua selaku umatnya. Amin ya rabbal alamin. Jamaah Jumat yang berbahagia, Di siang yang penuh berkah ini, marilah, kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt dengan sebenar-benarnya takwa, yakni melaksanakan segala macam perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Khotbah Jumat Berisi Ujaran Kebencian dalam Perjalanan Umat Islam Di antara larangan yang harus kita hindari adalah menyampaikan ujaran kebencian. Ketidaksukaan terhadap seseorang atau suatu hal kerap membuat kita lekas panas sehingga yang keluar dari lisan kita berupa api yang membakar hati orang-orang. Api itu bisa berupa cacian, makian, hardikan, hingga ungkapan-ungkapan kasar dan rasial.

Kita dapat merasakan sendiri, bagaimana jika api-api tersebut berkobar membakar hati kita. Tentu tidak menyenangkan. Hal demikian juga dirasakan orang lain ketika kita melakukan tindakan serupa. Jamaah Jumat yang berbahagia, Allah swt telah mengingatkan kita semua untuk dapat menjaga diri kita dari ujaran-ujaran kebencian.

Jamaah Jumat yang berbahagia,

Baca halaman berikutnya..

Pos terkait