Download Khutbah Jumat Ramadhan Bahasa Indonesia 10 Menit: Siapkan Mental Dan Fisik Jelang Ramadhan

Ilustrasi Menyambut Ramadhan
Ilustrasi Menyambut Ramadhan

Karena, merasa bahagia saja sudah mendapat pahala sebagaimana Sabda Rasulallah SAW dalam hadist:

مَـنْ فـَرِحَ بــِدُخُوْلِ رمضانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرانِ

Bacaan Lainnya

Barang siapa yang gembira karena datangnya bulan Ramadhan, maka Allah mengharamkan jasad orang tersebut dari siksa neraka.”

Para hadirin kaum Muslimin Rahimakumullah

Kanjeng Nabi Muhammad SAW, di akhir bulan Sya’ban mengatakan:

 يـا أَيـُّهـَا الـنَّـاسُ قَــدْ أَظَـلَّــكُـمْ شَــهْـرٌ عَـظِــيْـمٌ مُـبــارَكٌ ، شَــهْـرٌ فِــيْـهِ لـَـيْـلَـةُ الْــقَــدْرِ خَـيْـرٌ مِـنْ ألــفِ شَــهْـرٍ ، جَـعَـلَ اللـهُ صِـيـَـامَـه فَـرِيـْـضَـةً ، وقـيــامَ لَـيْـلِـهِ تـَطَـوُّعـًا . مَـنْ تَـقَــرَّبَ فـيـه بـِخَـصْـلَـةٍ مِـنْ خِـصـَـالِ الْـخـَيْر كَانَ كَـمَـنْ أَدَّى فـَريــضَـةً فِـيـمـا سِـوَاهُ . ومَـنْ أَدَّى فـَريــضَـةً كَان كَـمَـنْ أَدَّى سَـبْعِـيْـنَ فَـرِيـْـضَـةً فـيـمـا سـواه ، هُـوَ شَــهْـرُ الـصَّــبْـرِ ، و الـصَّــبْـرُ ثـَواَبـُه الـجَـنّة ، وَشَـهْــرٌ الـمُـواسـاةِ وشـهــرٌ يـُــزَادُ فـيـه الـرِّزْقُ

Hai para manusia, sungguh akan datang salah satu bulan yang agung, yang diberkahi, yang memberi perlindungan kepada kalian semua yaitu bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan ada salah satu malam yang disebut Lailatul Qadar, yang keutamaannya melebihi seribu bulan. Allah sudah mewajibkan puasa di bulan tersebut dan disunnahkan sholat malam pada bulan tersebut. Barang siapa yang taqarrub ibadah mendekat kepada Allah di dalam bulan tersebut dengan perbuatan amal sunnah maka sama seperti melaksanakan ibadah Fardlu satu di bulan Ramadhan. Maka seakan-akan ibadah tujuh puluh Fadlu di bulan lainnya. Dan bulan Ramadhan itu bulan sabar, orang yang sabar itu pahalanya surga. Ramadhan itu bulan untuk saling mengasihi dan bulan Ramadhan ini waktunya dilipatkgandakan rizki,” (HR.Ibnu Khuzaimah, dan Baihaqi).

Bisa disimpulkan, begitu belas kasihannya Allah kepada kita sehingga Allah bagai-bagi pahala kepada hambanya. Ibadah sunnah dilipatgandakan pahalanya seperti ibadah Fardlu. Melakukan ibadah Fadlu pahalanya berlipat-lipat hingga 70 kali.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait