Download Khutbah Jumat Ramadhan Bahasa Indonesia 10 Menit: Siapkan Mental Dan Fisik Jelang Ramadhan

Ilustrasi Menyambut Ramadhan
Ilustrasi Menyambut Ramadhan

Begitu agungnya anugrah Allah yang diberikan kepada kita di bulan Ramadhan. Tentu sangat rugi bagi orang yang tidak menerima anugrah Allah tersebut di bulan Ramadhan.

Para hadirin kaum Muslimin Rahimakumullah

Bacaan Lainnya

Berkaitan dengan persiapan kita dalam menyambut bulan mulia tersebut, Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani di dalam kitab Al-Ghuniyah menjelaskan supaya kita memperbanyak istighfar, taubat, meminta ampunan kepada Allah SWT.

Imam Al-Ghozali di dalam kitab Minhajul Abidin juga menjelaskan bahwa fungsi taubat ada dua yaitu:

Pertama, supaya diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah. Khususnya di bulan Ramadhan. Kita semua ingin selalu mudah, semangat dan kuat dalam menjalankan ibadah karena banyak fadhilah di bulan Ramadhan.

Kedua, faedah taubat yaitu meminta ampun kepada Allah dan meminta maaf kepada sesama agar ibadah kita tidak sia-sia, biar ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Tentang hal ii, Imam Al-Ghozali memberikan gambaran bahwa orang yang ibadah tetapi tidak mau taubat maka sama dengan memberikan makanan/minuman kepada tamu, kemudian makanan/minuman tersebut ketetesan keringat atau kotoran lainnya. Apakah tamu akan makan atau minum pemberian tersebut? Tentu tidak.

Begitu juga dengan juga dengan kita ibadah di Bulan Ramadhan. Apabila kita tidak bertaubat maka ibadah kita akan sulit diterima oleh Allah SWT.

Para hadirin kaum Muslimin Rahimakumullah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait