Khutbah Jumat PDF: Empat Hal Yang Harus Dijaga Hingga Ramadhan Tahun Depan

Ilustrasi Shalat di Masjid
Ilustrasi Shalat di Masjid

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Amalan kedua yang mesti kita lestarikan dalam 11 bulan ke depan adalah:

Bacaan Lainnya

2. Qiyamullail

Bangun malam (Qiyamullail) amat sangat sulit di hari biasa, jangankan shalat sunah 8 rakaat, apalagi shalat sunah 20 rakaat, bisa jadi 2 rakaat saja terasa berat. Padahal kita tahu bahwa tahajud itu mempunyai derajat istimewa, kita faham bahwa qiyamullail itu dianjurkan dalam syariat islam. Firman Allah dalam al Qur’an :

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”. (Qs. al-Isra’/17: 79).

Selama bulan Ramadhan, kita mudah bangun malam, kita ringan melaksanakan shalat tarawih, kita ringan menunaikan shalat tasbih, kita mudah melaksanakan shalat witir, kita mudah merutinkan qiyamullail. Maka jagalah semangat qiyamullail itu juga setelah berlalunya Ramadhan dalam 11 bulan berikutnya.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Amalan ketiga yang harus kita lestarikan dalam 11 bulan ke depan adalah:

3, Membaca Al-Qur’an

Pada bulan Ramadhan, kita begitu ringan membaca al-Qur’an, membaca satu juz terasa mudah. Kita bisa mengkhatamkan al-Quran, bahkan bisa khatam lebih dari sekali selama Ramadhan. Pagi siang dan malam, kita sering membuka al-Quran, kita senang berinteraksi dengan al-Qur’an dan itu membuat hidup kita menjadi tenteram.

Kita yakin al-Quran akan memberi syafaat pada pembacanya, sehingga kita senantiasa ringan membacanya. Kita percaya al-Quran akan membawa ketenangan, sehingga kita tidak bosan-bosan membacanya. Kita pun sangat yakin bahwa setiap huruf yang dibaca akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Taala. Rasulullah Saw Bersabda.

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi no. 6469)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait