Khutbah Jumat Nuzulul Quran Menyentuh Hati PDF: Sejarah dan Amalan Nuzulul Quran (B. Indonesia)

ilustrasi malam nuzulul quran
ilustrasi malam nuzulul quran

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Fatir ayat 29-30, sebagai berikut:

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ لِيُوَفِّيَهُمْ اُجُوْرَهُمْ وَيَزِيْدَهُمْ مِّنْ فَضْلِهٖۗ اِنَّهٗ غَفُوْرٌ شَكُوْرٌ

Bacaan Lainnya

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri.”

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan saat Nuzulul Qur’an yaitu melaksanakan sholat malam atau tahajud. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa yang sholat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari Muslim).

Kemudian, karena sudah masuk 10 hari terakhir bulan Ramadhan, saat Nuzulul Qur’an juga bisa melakukan I’tikaf. Rasulullah bersabda:

“Siapa yang ingin beri’tikaf bersamaku, maka beri’tikaflah pada sepuluh malam terakhir.” (HR Ibnu Hibban).

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait