Khutbah Jumat Singkat Padat Jelas PDF 7 Menit: Di Balik Peristiwa Nuzulul Quran (B. Indonesia)

ilustrasi al qur'an
Ilustrasi Al Qur'an

KHUTBAH JUMAT PERTAMA

اَلْحَمْدُ للهِ الّذِىْ اَكْرَمَ مَنِ اتَّقَى بِمَحَبَّتِهِ, وَاَوْعَدَ مَنْ خَالَفَهُ بِغَضَبِهِوَعَذَابِهِ, اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَنَّ سَيْدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَرْسَلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلى الدِّيْنِ كُلِّهِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيْدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ وَخَيْرِ خَلْقِهِ, وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِى سَبِيْلِهِ. اما بعد : فَيَااَيُّهَاالنَّاسُ اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

قَالَ اللهُ فِىْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ. بسم الله الرحمن الرحيم، شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِى أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Bacaan Lainnya

Hadirin Jamaah Shalat Rahimakumullah,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita semua meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita pada Allah SWT dengan menjalakan segala perintah-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya.

Mari tingkatkan kesadaran kita dalam beribadah kepada Allah, serta kesadaran maupun kewaspadaan kita dalam menghadapi  bisikan setan yang menggoda iman. Marilah kita ikuti petunjuk-petunjuk yang ada dalam Al Qur’an maupun Hadis.

Hadirin Jamaah Shalat yang Dimuliakan Allah,

Syukur Alhamdulillah kita haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberi kesempatan pada kita kembali bertemu bulan yang penuh barokah dan kemuliaan ini, yaitu bulan suci Ramadan.

Di bulan Ramadan ini, banyak peristiwa-peristiwa penting terjadi dalam sejarah yang sepatutnya diingat, terutama oleh Umat Muslim. Salah satunya yaitu peristiwa Nuzulul Quran, yakni peristiwa turunnya Al Quran. Hal ini sebagaimana terdapat dalam Al Qur’an:

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait