Khutbah Jumat Singkat Padat Jelas PDF 7 Menit: Di Balik Peristiwa Nuzulul Quran (B. Indonesia)

ilustrasi al qur'an
Ilustrasi Al Qur'an

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya: “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

Bacaan Lainnya

Hadirin Sekalian yang Dirahmati Allah,

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al Quran pertama kali oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad lewat perantara Malaikat Jibril. 

Peristiwa ini terjadi di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadan, yang bertepatan dengan tanggal 6 Agustus 610 Masehi. Pada malam Nuzulul Quran tersebut, adapun ayat Al Quran yang turun pertama kali kepada Nabu SAW yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5.

Nuzulul Qur’an menjadi salah satu peristiwa monumental dalam sejarah Islam dan mempunyai arti sangat penting.

Karena dengan diturunkanya Surat Al Alaq ayat 1-5 tersebut sebagai petanda bahwa Allah SWT secara resmi mengangkat Nabi Muhammad SAW sebagai rasul terakhir, seorang utusan Allah yang mendapat mukjizat Al Quran, kitab suci pembawa rahmat dan petunjuk bagu umat manusia.

Hadirin Jamaah Shalat yang Diberkahi Allah,

Di bulan Ramadan ini, Allah SWT telah memilih hari yang istimewa, dimana pintu rahmat akan terbuka sangat lebar. Yang mana jika beribadah pada malam tersebut dengan hati yang bersih, suci dan penuh keikhlasan, niscaya Allah akan memberikan pahala yang beratnya sama seperti ibadah seribu bulan. Inilah malam yang kita kenal sebagai malam Lailatulkadar.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait