Materi Khutbah Gerhana Matahari PDF: Mendekati Allah Dengan Merenungi Kebesaran-Nya

ilustrasi gerhana matahari
ilustrasi gerhana matahari

Khutbah ini berjudul: “Khutbah Gerhana Matahari: Mendekati Allah dengan Merenungi Kebesaran-Nya.” Khutbah ini mengajak jamaah shalat gerhana matahari untuk mengingat kebesaran Allah taala pada peristiwa gerhana matahari.

Khutbah ini mengajak jamaah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah atas nikmat penciptaan alam semesta dan gerhana matahari sebagai tanda kuasa-Nya.

Bacaan Lainnya

KHUTBAH PERTAMA

اَلْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُوْرًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ التَّوَّابُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ عَظِيْمِ الْآدَابِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَ اَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ.

اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالشَّمْسُ تَجْرِيْ لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَاۗ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِۗ وَالْقَمَرَ قَدَّرْنٰهُ مَنَازِلَ حَتّٰى عَادَ كَالْعُرْجُوْنِ الْقَدِيْمِ لَا الشَّمْسُ يَنْۢبَغِيْ لَهَآ اَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا الَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِۗ وَكُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ

Jamaah shalat gerhana matahari yang berbahagia,

Segala puji milik Allah swt, Tuhan semesta alam. Shalawat teriring salam, semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad saw. Juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan kita semua selaku umatnya. Amin ya rabbal alamin.

Di siang yang penuh berkah ini, marilah, kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt dengan sebenar-benarnya takwa, yakni melaksanakan segala macam perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Salah satu hal yang menjadi perintah-Nya adalah menggunakan akal kita untuk berpikir, mentadaburi berbagai hal yang diciptakan-Nya, di antaranya adalah gerhana matahari.

Jamaah shalat gerhana matahari yang berbahagia,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait