Teks Khutbah Jumat 2021 Singkat Padat PDF Tema Optimis Menyongsong Awal Bulan Shafar

  • Whatsapp
Masjid Abu Dhabi
Masjid Abu Dhabi

Tanggal 8 September 2021 merupakan akhir dari bulan Muharram 1443 Hijriyah. Kita tahu bahwa bulan Muharram terdapat banyak peristiwa bersejarah bagi umat Islam. Di bulan Muharram juga terdapat berbagai keutamaan. Kemudian tanggal 9 September 2021 kita telah memasuki tanggal 1 bulan Shafar 1443 Hijriyah.

Oleh sebab itu, redaksi menyajikan khutbah jumat dengan tema “Optimis Menyongsong Bulan Shafar”. Materi khutbah jumat singkat padat bahasa Indonesia ini telah terbit di website NU Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Silahkan download teks khutbah jumat awal bulan Shafar tanggal 10 September 2021. Teks khutbah tersedia dalam versi PDF yang bisa didownload pada link yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat.

KHUTBAH JUMAT PERTAMA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي امْتَنَّ عَلَى الْعِبَادِ بِأَنْ يَجْعَلَ فِي كُلِّ زَمَانِ فَتْرَةٍ مِنَ الرُّسُلِ بَقَايَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ، يَدْعُونَ مَنْ ضَلَّ إِلَى الْهُدَى، وَيَصْبِرُونَ مِنْهُمْ عَلَى الأَذَى، وَيُحْيُونَ بِكِتَابِ اللَّهِ أَهْلَ الْعَمَى، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىي وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى:أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مّمّن دَعَآ إِلَى اللّهِ وَعَمِلَ صَالِحاً وَقَالَ إِنّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Jamaah yang Dirahmati Allah

Syukur tiada henti dengan memperbanyak kalimat alhamdulillahirabbil alamin hendaknya terus kita lakukan sebagai bentuk syukur atas nikat yang diberikan hingga siang ini.

Ketahuilah bahwa berkesempatan menjalankan shalat Jumat berjamaah adalah di antara nikmat yang harus terus diingat. Karenanya, marilah kesempatan ini dijadikan sarana untuk meningkatkan takwallah. Yakni menjalankan yang diperintah, dan menjauhi larangan-Nya. Semoga dengan demikian kita termasuk hamba beruntung, amin ya rabbal alamin.

Jamaah Jumat yang Berbahagia

Sudah 14 abad lebih bilangan tahun hijriah telah berlalu. Jika setiap perayaan tahun baru memberikan makna bagi umat Islam, tentu sudah banyak bekas goresan yang mewarnai kepribadian kita, baik sebagai umat beragama maupun sebagai bangsa Indonesia. Muharram kaya akan fadilah yang penting untuk dihayati. Banyak amalan ibadah di sekitar bulan Muharram yang mengandung pesan psikologi kepribadian yang positif dan konstruktif.

Allah berfirman dalam QS At-Taubah ayat 36:

   إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ  

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (mulia). Itulah (ketetapan) agama yang lurus.

Pos terkait