Khutbah Jumat PDF Singkat Padat 5 Menit Tentang Kondisi Umat di Akhir Zaman

Ilustrasi Perkembangan Akhir Zaman
Ilustrasi Perkembangan Akhir Zaman

Jika kita lihat keadaan ummat akhir zaman sa’at ini

Maka, benar adanya pada zaman ini.. fitnah telah berada di sekitar kita dan kita telah diliputi oleh fitnah, kita telah dihadapkan kepada fitnah dari depan, dari belakang, dari kanan, dari kiri, dari berbagai unsur kehidupan, fitnah berada di tengah-tengah. Dan fitnah itupun berkepanjangan, lama, berkesinambungan dan semakin dahsyat dari satu waktu ke waktu yang lainnya. Sampai disebutkan di dalam hadis:

Bacaan Lainnya

يَرْبُو فِيهَا الصَّغِيرُ وَ يَهْرَمُ فِيهَا الْكَبِيرُ

Anak-anak kecil menjadi dewasa dan orang yang tua menjadi pikun.”

“Yaitu apabila kebanyakan dari umat ini telah meninggalkan sunnah.”

Lalu para sahabat bertanya: “Kapan akan terjadi hal itu Wahai Abu Abdurrahman?” Maka beliau menjawab: “Apabila telah pergi para ulamanya.” Artinya banyak yang meninggal dunia dari kalangan ulama, banyak orang-orang yang wafat dari kalangan para ulama.

“Dan semakin banyak orang-orang yang bodohnya. Semakin banyak ahli qira’ah, tapi semakin sedikit yang faqih kepada makna-makna ayat Al-Qur’an.” Semakin sedikit orang yang faham kepada isi dari Al-Qur’an.

Kemudian beliau mengatakan: “Apabila semakin banyak pemimpin kalian tetapi semakin sedikit orang yang amanah,” orang yang adil, orang yang menegakkan hukum Allah. Berkuasa, memiliki jabatan, memiliki tahta, tetapi berada dalam kondisi dzalim, tidak menegakkan syariat Allah. Semakin sedikit yang amanah.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

Kemudian beliau mengatakan: “Dan apabila telah dicari dunia dengan ibadah (amal shalih),” artinya orang-orang beramal shalih tapi tujuannya dunia, tidak berkaitan dengan surga, tidak berkaitan dengan kehidupan setelah kematian. Yang diharapkan ketika melakukan amal saleh adalah untuk kehidupan dunia.

“Dan apabila semakin banyak orang-orang yang tafaqquh tentang urusan dunia (tapi tidak tafaqquh tentang urusan agama),” artinya semakin sedikit orang yang belajar tentang agama Allah, belajar tentang tauhid, belajar tentang aqidah, belajar tentang iman, belajar tentang Islam, belajar tentang halal dan haram semakin sedikit. Dan sibuknya sebagian besar di antara kita adalah dengan dunia ini.

Masyiral muslimin Rahima kumullah

Tidak bisa kita pungkiri lagi dahsyatnya fitnah akhir zaman. Sampai sampai banyak manusia manusi yang kehilangan adab.

Tidak tau membedakan mana yang halal dan mana yang haram. Bahkan banyak diantara ummat akhir zaman kalau di tanya dan diajak untuk belajar atau beribadah

Dia manjawab “Kalau agama urusan akhirat”

Sungguh jawaban miris, Untuk apa agama diakhirat…? Sepertinya, Air muka sudah banyak yang kering.

Zinah dimana mana, Khomer dimana-mana. Pembunuhan dimana mana. Suap menyuap sudah hampir rata. Seolah olah sdh dianggab biasa. Hukum Allah hampir dilupakan. Inilah gambaran Ummat akhir zaman.

Baca halaman berikutnya…

Pos terkait