Materi Kultum Ramadhan PDF: Menyingkap Hikmah Makan Sahur

Gambar Ilustrasi Sahur
Gambar Ilustrasi Sahur

Sebelum menjalankan puasa, umat Muslim dianjurkan untuk makan sahur sebelum terbit fajar. Pada kultum Ramadhan PDF berikut ini akan menyingkap tentang hikmah dibalik makan sahur.

Artikel kultum Ramadhan ditulis oleh Muhammad Abror, Pengasuh Madrasah Baca Kitab serta alumnus Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon.

Bacaan Lainnya

Materi kultum ini disajikan dengan bahasa Indonesia yang sederhana dan mudah dimengerti. Dalam materi kultum Ramadhan tersebut juga terdapat hadist yang berkaitan dengan makan sahur.

Materi kultum Ramadhan tentang sahur ini tersedia versi PDF. Anda bisa download file pada menu yang ada di akhir teks atau pada halaman terrakhir. BACA : Cara Download File PDF

Silahkan bergabung dengan kami di Grup Telegram, Wa, atau Facebook untuk mendapatkan materi terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com Klik JOIN NOW

MATERI KULTUM RAMADHAN

Salah satu yang dianjurkan dalam Islam ketika melaksanakan puasa Ramadhan adalah makan sahur. Sebagian sudah merasakan bagaimana nikmatnya makan sahur bersama keluarga. Karena makan bersama tentu sarat kenikmatan dan menambah keakraban dengan seisi rumah.

Seperti diketahui bahwa salah satu ruh ajaran Islam adalah nilai rahmat atau kasih sayang bagi para pemeluknya. Dalam setiap detail syariat yang diajarkan oleh Islam, pasti tidak lepas dari nilai luhur tersebut. Shaimin atau mereka yang berpuasa juga merasakan nilai rahmat itu.

Di antara hikmah dari puasa Ramadhan adalah dalam anjuran makan sahur. Kalau berbicara hebat-hebatan, pasti kita akan menilai bahwa orang yang tidak sahur dan kuat berpuasa sampai maghrib-lah yang seharusnya lebih mendapat apresiasi. Karena telah berhasil melewati seharian penuh menahan lapar dan dahaga tanpa bekal makan sahur.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait