Khutbah Jumat PDF Tentang Muhasabah 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan (B. Indonesia)

Khutbah Jumat 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan
Khutbah Jumat 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan

MUKADDIMAH KHUTBAH JUMAT RAMADHAN

   اَلْحَمْدُ لله، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْزَلَ الْفُرْقَانَ لِلْعَالَمِيْنَ بَشِيْرًا وَنَذَيِرًا، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ الَّذِيْ أَنْزَلَ عَلَيْنَا بِأَنْوَاعِ النِّعَمِ مِدْرَارًا. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُطَهِّرُوْنَ اللهَ تَطْهِيْرًا. فَيَا اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، أُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ فِىْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ. بسم الله الرحمن الرحيم، إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ، لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Hadirin Jamaah Jumah Rahimakumullah..

Bacaan Lainnya

Di hari dan bulan yang penuh dengan berkah ini, khotib mengingatkan kepada jamaah sekalian untuk selalu meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT. Iman dan takwallah kita wujudkan dalam bentuk menjalankan semua perintah dan menjauhi semua larangan-Nya.

Terlebih lagi di bulan Ramadhan ini, bulan yang sangat istimewa untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Di bulan suci ini semua pahala ibadah dilipatgandakan bagi hamba-Nya yang Iman dan Takwa.

Hadirin Jamaah Jumah Rahimakumullah..

Alhamdulillah, saat ini kita berada di 10 hari kedua bulan Ramadhan tepatnya tanggal …… Ramadhan 144…. Hijriyah. Seperti yang kita ketahui bahwa, bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang tiada banding.

Dalam sebuah riwayat hadist menyebutkan bahwa bulan Ramadhan dibagi menjadi tiga bagian yaitu 10 hari pertama, 10 hari pertengahan dan 10 hari terakhir.

Dari Abu Salamah dari Abu Hurairah beliau berkata Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda :

أَوَّلُ شَهْرِ رَمَضَانَ رَحْمَةٌ وَأَوْسَطُهُ مَغْفِرَةٌ وَآخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ النَّارِ

Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, tengahnya adalah pengampunan dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka”.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait