Khutbah Jumat Singkat Ramadhan PDF Tentang Tantangan Puasa di Era Digital

Ilustrasi Main Ponsel
Ilustrasi Main Ponsel

Upaya untuk meningkatkan kualitas puasa ini dari waktu ke waktu, dari zaman ke zaman terus mengalami tantangan baik dari setiap individu maupun lingkungan, terlebih saat ini kita hidup di tengah era digital.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Bacaan Lainnya

Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi saat ini, kita bisa merasakan bersama bagaimana derasnya informasi yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Semua itu terjadi karena kemudahan-kemudahan yang disuguhkan teknologi untuk membantu manusia.

Kemudahan yang disuguhkan oleh teknologi ini seperti dua sisi mata uang yang memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Hal yang baik di tengah era digital harus kita maksimalkan dan hal negatifnya harus kita buang.

Kita bisa memanfaatkan kemudahan di era digital untuk meningkatkan kualitas ibadah puasa kita, meningkatkan keimanan kita dan meningkatkan pengetahuan Agama kita.

Misalnya, kita bisa menggunakan teknologi untuk mendapatkan artikel atau video mauidzah hasanah, ceramah agama, ataupun kajian berbagai jenis kitab melalui aplikasi atau internet. Melimpahnya konten-konten semacam ini harus bisa kita manfaatkan khususnya di Ramadhan ini.

Namun kemudahan teknologi ini kita harus lebih berhati-hati dalam memilih kajian agama di internet khususnya media sosial seperti Youtube, Facebook, dan sejenisnya. Kita harus berhati-hati dalam memilih kajian di internet. Kita harus memilih ulama yang jelas silsilah keilmuannya, serta alim dalam bidangnya.

Hal ini perlu diperhatikan bersama khususnya bagi para pelajar, para pemuda yang masih labil, generasi yang pengetahuan dan pengalamannya masih sedikit sehingga lebih mudah terjerumus pada kajian agama yang justru menyesatkan.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Dengan memberikan asupan rohani yang tepat pada diri kita selama bulan puasa, maka insyaAllah kualitas puasa kita pun akan meningkat. Ketika rohani kita mampu terisi dengan asupan positif, maka kita pun akan memiliki ghirah (semangat) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah lainnya di bulan suci Ramadahan ini.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait