Kultum Ramadhan PDF: Perbedaan Pendapat Tentang Waktu Nuzulul Qur’an

Ilustrasi Nuzulul Quran Terbaru
Ilustrasi Nuzulul Quran Terbaru

Terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama tentang kapan waktu Nuzulul Qur’an? Atas perbedaan itu kultum, kultum Ramadhan berikut ini akan menjelaskan tentang dasar masing-masing ulama.

Berbagai dalil dan argumen akan diutarakan dalam materi kultum berikut ini. Hal ini sebagai bahan kajian terutama di bulan Ramadhan agar pengetahuan semakin luas khususnya terkait dengan nuzulul Qur’an.

Bacaan Lainnya

Kami menyediakan kultum Ramadhan versi PDF yang bisa Anda download pada menu yang ada di akhir teks. BACA: Cara Download File PDF

Materi kultum berikut ini diambil dari website Nu Online, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar waktu Nuzulul Qur’an.

Silahkan bergabung dengan kami di Grup Telegram, Wa, atau Facebook untuk mendapatkan materi terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com Klik JOIN NOW

MATERI KULTUM RAMADHAN

Sejumlah ulama memberikan pandangan terkait awal turunnya Al-Qur’an yang kemudian di Tanah Air diperingati sebagai nuzulul Qur’an. Beberapa tanggal di bulan Ramadhan disebutkan dengan argumentasi masing-masing untuk memastikan bahwa di waktu itulah awal turunnya ayat Al-Qur’an.

Peringatan nuzulul Qur’an biasanya jatuh pada tanggal 17 Ramadhan. Ini merupakan waktu yang sangat umum. Namun ternyata, tanggal 17 Ramadhan sebagai waktu nuzulul Qur’an bukanlah pendapat tunggal, beberapa ulama memiliki pendapat lain tentang waktu nuzulul Qur’an. Jika dibagi, ada sekitar lima pendapat terkait kapan waktu turunnya Al-Qur’an.

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa nuzulul Qur’an terjadi pada 17 Ramadhan. Sebagaimana sedikit dijelaskan di atas, ini adalah waktu yang paling maklum dan sering menjadi acuan penyelenggaraan peringatan nuzulul Qur’an. Pendapat ini didasarkan pada surat Al-Anfal ayat 41:

 وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: Dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait