Khutbah Jumat Pendek PDF: Tiga Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan (B. Indonesia)

Berdoa di Bulan Ramadhan
Berdoa di Bulan Ramadhan

KHUTBAH JUMAT PERTAMA BULAN RAMADHAN

   الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَبِفَضْلِهِ تَتَنَزَّلُ الْخَيْرَاتُ وَالْبَرَكَاتُ، وَبِتَوْفِيْقِهِ تَتَحَقَّقُ الْمَقَاصِدُ وَالْغَايَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ. اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Hadirin Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah..

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita berusaha meningkatkan takwallah. Takwa dalam arti sebenar-benarnya takwa, dengan menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya. Dengan demikian, Ingsya Allah kita akan bahagia dan selamat di dunia hingga kelak di akhirat. Amiin..

Selanjutnya, sholawat dan salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW.

Hadirin Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah..

Semua orang pasti ingin doa-doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Semua orang ingin semua hajat kita diijabahi oleh Allah SWT. Di bulan Ramadhan ini adalah saat yang tepat untuk memperbanyak doa. Sebab, bulan Ramadhan adalah bulan penuh Rahmat, bulan penuh ampunan dan di dalamnya akan dikabulkan do’a-do’a kita.

Namun, tentu ada beberapa syarat agar doa kita dikabulkan. Ada dua syarat agar doa kita dikabulkan yaitu pertama, melaksanakan perintah Allah atau disebut takwa. Dan yang kedua, kita harus beriman kepada Allah, kita harus yakin bahwa Allah lah yang mengatur segala kehidupan kita.

Sebagaimana firman Allah SWT.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait