Materi Khutbah Jumat Singkat PDF: Pesan Ismail Untuk Umat Manusia (B. Indonesia)

ilustrasi nabi ismail
ilustrasi nabi ismail

Sebagai agama rahmatan lil alamin, Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa menebar kasih sayang dan saling tolong-menolong dalam kebaikan.

Islam melarang umat manusia untuk saling menyakiti apalagi sampai dengan menumpahkan darah manusia atau menghilangkan nyawa orang lain. Hal ini telah dicontohkan oleh Allah melalui kisah digantikannya Nabi Ismail dengan seekor domba saat akan dikurbankan oleh Nabi Ibrahim.

Bacaan Lainnya

Kita perlu menyadari bahwa tekad Nabi Ibrahim untuk menyembelih Ismail, yang diiringi dengan keikhlasan Nabi Ismail untuk dijadikan kurban, berawal dari ketaatan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT.

Apa yang dilakukan mereka bukan karena emosi dan kebencian. Ini merupakan ujian bagi keduanya untuk menunjukkan komitmen ketakwaan kepada Allah.

Namun setelah mengetahui kualitas ketakwaan mereka, Allah pun memberi hikmah berharga bagi keduanya dan juga bagi seluruh umat manusia di dunia, yakni larangan menumpahkan darah manusia.

Allah SWT dalam firman-Nya mengecam keras orang yang membunuh orang lain dengan balasan neraka jahanam. Hal ini ditegaskan dalam surat an-Nisa’ ayat ke-93:

   وَمَنْ يَّقْتُلْ مُؤْمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَاۤؤُهٗ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيْهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيْمًا  

Artinya: Barang siapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.”

Jamaah Jumat rahimakumullah,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait