Khutbah Jumat PDF 7 Menit Tentang Renungan Akhir Tahun Masehi Bahasa Indonesia

ilustrasi akhir tahun
ilustrasi akhir tahun

Bahkan mungkin diantara kita masih ada yang kecanduan miras, narkoba, judi, yang dianggap hobi. Pernahkah kita berfikir bahwa hobi kita melanggar aturan Allah?

Ma’asyiral muslimin jama’ah sholat Jum’at yang berbahagia,

Bacaan Lainnya

Hari ini, sudahkah kita menghitung saldo dosa-dosa kita? Ataukah kita hanya mengingat kebaikan kebaikan yang pernah kita perbuat.

Pada akhir bulan ini hampir semua perusahaan tutup buku, menyelesaikan laporan-laporan yang perlu disesuaikan. Sementara kita, hamba Allah yang diperintahkan dalam Al Qur’an agar mengevaluasi diri kita masing-masing agar bisa diketahui sudah sebanyak apa kedurhakaan kita kepada Allah SWT.

Sudah berapa kali kita menuai dosa fitnah, dosa gibah, dosa mencela, bahkan dosa menghina saudara-saudara kita se Iman dan lain sebagainya.

Allah telah berfirman dalam Al Qur’an surat Al Hasyir Ayat 18.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Ma’asyiral muslimin rahimaku mullāh,

Sesungguhnya kunci-kunci muhasabah diri ada di tiga faktor.

  1. Takut kepada Allah
  2. Merasa selalu diawasi Allah
  3. Mengetahui mana perintah dan mana larangan, mana Haq dan mana yang batil.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait