Materi Khutbah Jumat PDF Terbaru: Hapus Kebencian, Jangan Ada Dendam (B. Indonesia)

ilustrasi saling meminta maaf
ilustrasi saling meminta maaf

Jama’ah sholat Jum’at yang mulia, seandainya usia kita habis, sedangkan kita masih menyimpan dendam, masih menyimpan kebencian yang teramat dalam dengan saudara muslim, masih punya musuh bebuyutan. Lantas apa yang akan terjadi?

Padahal Allah SWT jelas-jelas memerintahkan kepada kita semua agar selalu memelihara hubungan silaturahim. Al Qur’an Surah An-Nisa Ayat 1

Bacaan Lainnya

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا – ١

Artinya: “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.”

Jama’ah sholat Jum’at yang berbahagia,

Sungguh Allah maha mengetahui segala isi hati, Allah selalu mengawasi kita, dan Allah pasti tau kalau kita masih menyimpan kebencian dengan saudara muslim, masih tersimpan musuh bebuyutan yang begitu lama.

Lantas dimana rasa takut kita kepada Allah?!

Hari ini, bulan ini merupakan kesempatan emas untuk berdamai. Kembali merajut tali silaturahim yang pernah terputus dan masih terputus.

Ingat pesan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits

تفتح أبواب الجنة يوم الاثنين ويوم الخميس فيغفر لكل عبد لا يشرك بالله شيئا إلا رجلا كانت بينه وبين أخيه شحناء فيقال: أنظروا هذين حتى يصطلحا، أنظروا هذين حتى يصطلحا، أنظروا هذين حتى يصطلحا

Rasulullah bersabda, “Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Jama’ah sholat Jum’at yang berbahagia,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Pos terkait