Khutbah Jumat Bulan Syaban PDF Singkat: Bertemu Syaban Belum Tentu Bertemu Ramadhan (B. Indonesia)

ilustrasi bulan syaban
ilustrasi bulan syaban

Malaikat maut tak pernah peduli kita sedang apa, kita lagi dimana, usia kita berapa. Malaikat maut juga tak pernah peduli pangkat kita apa, golongan kita golongan berapa.

Malaikat maut tak pernah peduli kita orang kaya atau kita orang susah. Malaikat maut takkan pernah peduli kita keturunan siapa. Jika Allah telah berkata “pulang”, maka seketika itu juga nama yang dihormati berubah menjadi jenazah.

Bacaan Lainnya

Jama’ah shalat Jum’at yang dirahmati Allah, sesungguhnya kita semua tidak bisa lari dari kematian. Allah berfirman dalam Al Qur’an:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ إِنَّ ٱلْمَوْتَ ٱلَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلَٰقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: “Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Jumu’ah: 8).

Jama’ah shalat Jum’at yang dirahmati Allah,

Disamping persiapan kita menyambut tamu agung Ramadhan, mari kita sama-sama belajar menjadi manusia-manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan usahakan masing-masing kita menjadi manusia yang paling cerdas, Rasulullah Salallahu alaihiwas salam bersabda:

أَفْضَلُ المُؤْمِنِينَ أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَ أَكْيَسُهُمْ أَكْثَرُهُم لِلمَوتِ ذِكْرًا وَ أَحْسَنُهُم لَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ

Artinya: “Orang mukmin yang paling utama adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang mukmin yang paling cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling bagus persiapan nya untuk menghadapi kematian. Mereka semua adalah orang-orang cerdas (yang sesungguhnya).” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, dan dinyatakan sahih)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait