Materi Khutbah Jumat Tentang Kurban: Antara Perintah, Keutamaan dan Ancaman (B. Indonesia)

Ilustrasi berkurban
Ilustrasi berkurban

Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Zulhijah (ذو الحجة) yaitu bulan yang bersejarah bagi umat muslim. Dimana bulan tersebut merupakan bulan yang selalu kita peringati sebagai hari raya kurban. Untuk itu pada kesempatan jumat ini kami akan menyampaikan materi khutbah dengan judul BERKUBAN: ANTARA PERINTAH, KEUTAMAAN DAN ANCAMAN.

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

Bacaan Lainnya

Ibadah kurban langsung diperintahkan oleh Allah SWT dalam surah Al Kautsar,

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ، فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ، اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

“Sungguh kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak, maka shalat lah untuk Tuhanmu dan berkurban lah. Sesungguhnya orang yang membenci mu adalah orang yang terputus dari rahmat Allah”. (QS. Al-Kautsar 1-3).

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

Hukum melaksanakan kurban bagi umat muslim adalah sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan bagi yang mampu untuk melaksanakannya. Bahkan, ada sebagian Ulama’ Fiqih yang menghukumi qurban sebagai suatu kewajiban. Meski demikian, menurut jumhur ulama’ hukum kurban adalah sunnah muakkadah.

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

Ibadah qurban selalu mengingatkan kita kepada kisah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Dengan melaksanakan kurban, kita akan mengingat bagaimana ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail terhadap Allah SWT yang sangat luar biasa.

Lantas apa keutamaan bagi orang yang berkurban? Orang yang berkurban akan mendapat banyak keutamaan. Dua diantaranya yaitu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait