Khutbah Jumat Bulan Muharram PDF: Keutamaan Mengusap Kepala Anak Yatim (B. Indonesia)

Ilustrasi Anak Yatim Piatu
Ilustrasi Anak Yatim Piatu

Hadits tersebut menegaskan bahwa berbuat baik dan memberi makan kepada anak Yatim dan orang miskin mempunyai keutamaan yang sangat luar bisa, termasuk bisa melunakkan hati seseorang yang keras.

Karena dengan peduli kepada mereka, bersedekah kepada mereka, di dalam hati kita akan tumbuh rasa belas kasih sehingga Ridho Allah juga akan menyertai dalam setiap aktifitas kita.

Bacaan Lainnya

Jamaah Jumat Rahimakumullah​​​​​​

Perlu kita ketahui bersama bahwa hidup di dunia ini tidak lama, kita hanya mampir sebentar. Akan menjadi lebih baik ketika kita punya belas kasih kepada Anak Yatim dan Fakir Miskin. Karena doa-doa mereka di dengarkan oleh Allah SWT. Siapa tahu, dengan kita peduli kepada mereka Allah juga akan peduli kepada kita semua.

Mengusap kepada anak yatim merupakan pertanda belas kasih antara orang tua dengan anak dan cinta anak kepada orang tua. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Ibn Abbas:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيرَنَا وَيَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَ عَنْ الْمُنْكَرِ

Artinya: Diriwayatkan dari Ibn Abbas, Ia berkata, Rasulullah bersabda: “Bukan termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati yang lebih besar dan tidak menyayangi yang lebih kecil serta tidak melarang yang mungkar.”  (HR. Tirmidzi)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait