Belajar Mengendalikan Amarah, Khutbah Jumat Singkat 5 Menit PDF Paling Baru

Foto Ilustrasi Marah
Foto Ilustrasi Marah

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT PERTAMA

   اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدىْ وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى خَاتَمِ اْلاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ مُحَمَّدٍ وَّعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ  

Hadirin jamaah Jumah rahimakumullah,

Bacaan Lainnya

Di awal khutbah, mari kita tingkatkan ketakwaan terhadap Allah dengan sebenar-benarnya, yaitu dengan berupaya secara optimal menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Hadirin jamaah Jumah rahimakumullah,

Di antara wujud ketakwaan terhadap Allah adalah belajar mengendalikan kemarahan. Dalam hal ini, dahulu ada seorang sahabat, ada yang mengatakan sahabat ini adalah Abdullah bin Umar, Abu Darda’, dan Sufyan bin Abdullah as-Tsaqafi yang serius meminta nasihat kepada Nabi Muhammad saw.

Lalu secara simpel dijawab oleh beliau agar ia tidak marah. Berulang kali ia meminta nasihat, Nabi saw masih saja menasihatinya agar tidak marah menuruti hawa nafsu.

Dalam hadits shahih diriwayatkan:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَجُلاً قَالَ: يَا رَسُولَ اللّٰهِ، أَوْصِنِيْ. فَقَالَ: لَا تَغْضَبْ. فَرَدَّدَ مِرَارًا. قَالَ: لَا تَغْضَبْ. أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait