10 Contoh Naskah Khutbah Jumat Terbaik Tentang Musibah, Nomor 9 Bisa Membuat Jamaah Menangis

Foto Syech Ali Jabeer Almarhum
Foto Syech Ali Jabeer Almarhum

Kali ini redaksi secara khusus menyajikan materi khutbah jumat tentang musibah. Kita tahu bahwa di dunia ini merupakan tempat ujian bagi orang-orang yang beriman. Ujian itu bisa berupa musibah seperti masalah pribadi, masalah sosial hingga bencana alam.

Dalam artikel kali ini akan disajikan 10 contoh khutbah jumat terbaik tentang musibah, tentunya tersedia juga dalam versi PDF. Ini untuk mempermudah para khotib dalam mengisi jumat atau mempermudah Da’i untuk mencari referensi ceramah, kultum maupun lainnya.

Bacaan Lainnya

Durasi khutbah jumat berikut ini berbeda-beda. Namun, rata-rata durasi khutbah jumat berkisar antara 7 hingga 15 menit. Durasi waktu sangat tergantung pada intonasi dan gaya penyampaian khotib atau mubaligh.

Terlepas dari itu semua, tim redaksi yakin belum bisa menyajikan materi sesuai dengan kebutuhan khotib atau mubaligh. Oleh karena itu, materi yang kami sajikan hanya sebagai referensi. Anda bisa menghapus, menambahi, atau bahkan menyesuaikan bahasa di daerah masing-masing.

Anda bisa memberikan kritik dan saran kepada kami melalui menu kontak. Demikian terimakasih, semoga bermanfaat..

Berikut ini 10 contoh naskah khutbah jumat pilihan tentang musaibah:

Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

1. Hikmah di Balik Musibah Meletusnya Gunung Semeru

Pada tanggal 4 Desember 2021 gunung semeru di Lumajang Jawa Timur mengalami erupsi. Akibat kejadian tersebut pemukiman di sekitar gunung tertutup dengan abu vulkanik termasuk belasan warga tewas terkubur debu vulkanik.

Dari peristiwa tersebut redaksi mencoba menyajikan khutbah dengan judul Hikmah di Balik Musibah Meletusnya Gunung Semeru. Awalnya naskah khutbah ini ditulis oleh Jaenuri, Dosen Fakultas Agama Islam UNU Surakarta dan telah publish di NU online dengan judul Musibah, Muhasabah, dan Mahabbah.

Kemudian, redaksi Khutbahsingkat.com melakukan penyuntingan pada beberapa kalimat agar sesuai dengan konteks persitiwa saat ini. Tentunya dengan durasi yang lebih singkat sekitar 5 menit hingga 7 menit.

Download Naskah Khutbah PDF DISINI

2. Cara Bijak Menghadapi Musibah

Teks khutbah jumat berikut ini mengangkat judul tentang Cara Bijak Menghadapi Musibah. Jamaah akan diberikan pemahaman bagaimana semestinya menghadapi sebuah musibah. Apalagi akhir-akhir ini banyak bencana alam yang melanda Indonesia mulai banjir, hingga gunung semeru erupsi atau meletus.

Naskah khutbah juat ini Ustadz Nur Rohmad, Pemateri/Peneliti di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur. Silahkan download teks khutbah jumat PDF pada menu yang tersedia. Semoga bermanfaat..

Download Naskah Khutbah PDF DISINI

3. Cara Menyikapi Musibah dan Kesulitan Hidup

Hampir semua manusia mengalami musibah dan kesulitan dalam mengarungi kehidupan. Bahkan, tak sedikit mereka yang frustasi atas musibah yang menimpanya. Ketahuilah bahwa sejak kita dilahirkan di dunia ini sudah mengalami musibah dan kesulitan hidup dan akan belanjut kelak di alam barzakh.

Oleh sebab itu, teks khutbah singkat terbaru berikut ini akan mengupas bagaimana cara kita bersikap saat menghadapi musibah dan kesulitan hidup.

Download Naskah Khutbah PDF DISINI

4. Bantulah Orang Lain Agar Allah Membantumu

Semua orang pasti pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya. Baik karena ekonomi, bencana alam, maupun musibah lainnya. Pada saat seperti inilah sebagai umat Islam harus peduli terhadap sesama yang sedang kesulitan.

Oleh karena itu, di dalam Al Qur’an dan Hadist dijelaskan banyak keutamaan orang yang mau membantu atau meringankan beban orang lain. Salah satunya yaitu Allah akan membantu langsung bagi orang-orang yang peduli dengan sesama.

Download Naskah Khutbah PDF DISINI

5. Tiga Pelajaran di Balik Erupsi Gunung Semeru

Secara khusus redaksi Khutbahsingkat.com menyajikan tema khutbah yang saat ini sedang hangat yaitu tentang bencana alam atau musibah erupsi gunung semeru. Kejadian alam yang luar biasa ini menyimpan rahasia Allah yang luar biasa sehingga patut diambil hikmah dari peristiwa tersebut.

Naskah khutbah singkat padat penuh hikmah ini ditulis oleh Alif Budi Luhur dan telah dimodifikasi oleh Redaksi agar sesuai dengan konteks serta durasi khutbah lebih ringkas. Naskah disajikan dengan bahasa Indonesia dilengkapi dengan doa yang berharokat.

Download Naskah Khutbah PDF DISINI

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait