Khutbah Jumat PDF Bahasa Indonesia: Inilah Hikmah Puasa Ramadhan

Ilustrasi Puasa Bulan Ramadhan
Ilustrasi Puasa Bulan Ramadhan

Begitu juga dengan kegiatan sosial seperti memperbanyak sedekah, silaturahim, berbakti kepada orang tua, menyambung persaudaraan dengan saudara, teman maupun tetangga. Semua itu bisa kita rasakan dan bisa meningkat di bulan Ramadhan daripada di bulan-bulan lainnya.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah..

Bacaan Lainnya

Kita harus mengetahui apa saja yang bisa menghasilkan pahala. Kita harus tahu apa saja syarat mendapat pahala di bulan Ramadhan. Diantara syarat tersebut yaitu berbuka puasa dengan makanan yang halal.

Apabila kita berbuka dengan makanan yang haram, maka tidak akan mendapat pahala. Justru, doanya tidak akan dikabulkan dan mendapat dosa dari Allah SWT.

Sesungguhnya orang yang berpuasa itu seperti orang berjihad, artinya apabila orang mukmin puasa di Bulan Ramadhan maka Ia melakukan dua jihad yaitu:

1. Jihad untuk dirinya sendiri di waktu siang dengan melaksanakan puasa.

2. Jihad di waktu malam dengan melaksanakan sholat malam seperti tarawih dan tahajjud.

Barang siapa yang bisa melakukan dua jihad tersebut dengan bersabar. Ingsya Allah akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Akhirnya, marilah kita bertekat untuk menggunakan bulan puasa ramadhan dengan sebaik-baiknya dan penuh makna. Serta menghasilkan hikmah yang banyak bagi kita dan diterima oleh Allah SWT. Mudah-mudahan kita diberikan kekuatan untuk melaksanakannya. Amiin..

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait