Khutbah Jumat Singkat PDF Indonesia: Belajar Dari Tiga Binatang Dalam Al Quran

Ilustrasi hewan laba-laba, semut dan lebah
Ilustrasi hewan laba-laba, semut dan lebah

مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوتِ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Artinya: Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.

Bacaan Lainnya

Rumah laba-laba bukan tempat yang aman, apa pun yang berlindung atau berada di dekatnya akan disergap atau dimangsa. Jangankan serangga yang tidak sejenis, jantannya pun setelah selesai membuahi akan disergap oleh betina. Telur-telurnya yang menetas saling berdesakan sehingga dapat saling memusnahkan. Sebuah gambaran yang sangat mengerikan dari jenis binatang.

Jamaah shalat jumat rahimakumullah,

Lantas bagaimana dengan lebah? Lebah bergerak sesuai dengan ilham tuhan melalui Al-Qur’an. Sehingga ia mampu memilih gunung-gunung dan pohon-pohon sebagai tempat tinggal.

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Artinya: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.” (QS An-Nahl: 68)

Betapa keistimewaan hewan lebah, Allah melalui ayat tersebut memerintahkan kepada lebah agar membuat tempat tinggal di gunung, pohon atau tempat-tempat yang dibuat oleh manusia.

Sarang lebah dibuat berbentuk segi enam bukannya lima atau empat agar tidak terjadi pemborosan dalam lokasi. Yang dimakannya adalah kembang-kembang, tidak seperti semut yang menumpuk-numpuk makanannya, lebah mengolah makanannya dan hasil olahannya adalah lilin dan madu yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Lilin digunakan untuk penerang dan madu dapat menjadi obat yang menyembuhkan. Lebah sangat disiplin, mengenal pembagian kerja, dan segala yang tidak berguna disingkirkan dari sarangnya. Lebah tidak mengganggu kecuali ada orang yang mengganggunya, bahkan sengatannya pun dapat menjadi obat.

Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait