Khutbah Jumat Terbaru PDF: Perintah Berbuat Baik Kepada Tetangga (B. Indonesia)

Berbuat Baik Kepada Tetangga
Berbuat Baik Kepada Tetangga

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri. (Al-Nisa: 36)

Bacaan Lainnya

Hadirin yang berbahagia

Dalam ayat tersebut, kita diperintahkan agar menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan Allah. Kemudian kita diperintah untuk berbuat baik kepada orang tua, termasuk juga diperintah berbuat baik kepada tetangga.

Lafadz وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى (tetangga yang dekat) di dalam ayat tersebut artinya tetangga yang masih ada hubungan saudara, seperti pendapat Imam Ikrimah, Imam Mujahdi serta Imam Ad-Dohhak. Menurut riwayat Jarir serta Abi Hatim, maksud tetangga yang dekat yaitu tetangga yang beragama Islam.

Kemudian di dalam lafadz وَالْجَارِ الْجُنُبِ (tetangga yang jauh) yaitu tetangga yang tidak ada hubungan famili, yaitu tetangga yang dekat yaitu tetangga yang tidak beragama Islam atau non muslim.

Maasyirol muslimin rahimakumulloh

Begitu pentingnya menjaga hak serta berbuat baik kepada tetangga, malaikat Jibril hingga berkali-kali mengingatkan Rasulallah SAW supaya bersikap baik kepada tetangga. Hingga Nabi Muhammad menyangka bahwa tetangga adalah orang yang bisa mewarisi harta benda. Salah satu hadist riwayat Ibnu Umar menyebutkan:

مَا زَالَ جِبْرِيْلُ يُوْصِيْنِى بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ اَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ (متفق عليه)

Artinya: Jibril tidak berhenti-henti pesan kepada Saya agar berbuat baik kepada tetangga, hingga saya mengira jika tetangga itu bisa menjadi ahli waris harta.

Dalam hadist lain, Rasulallah juga bersabda:

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait