Materi Khutbah Jum’at Terbaru NU Online PDF: Tingkatkan Takwa Melalui Shalat Jumat (Bahasa Indonesia)

ilustrasi khutbah jumat
ilustrasi khutbah jumat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Materi ini penting untuk mengingatkan kita bahwa shalat Jumat yang dilakukan oleh umat Islam setiap 1 pekan sekali ini harus dimaksimalkan kualitasnya dengan memperhatikan berbagai hal terkait dengan ibadah tersebut.

Perintah ibadah Jumat tertulis dalam Al-Qur’an pada surat yang spesial yakni Surat Al-Jumuah. Pemberian nama surat Al-Jumuah menunjukkan betapa penting ibadah yang dilakukan di hari Jumat yang juga merupakan sayyidul ayyam (rajanya hari) yang mulia. Di dalam Al-Qur’an Allah berfirman:

   يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ   

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan salat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,” (QS Al-Jumuah: 9)

Dalam Kamus Al-Lughah Al-Arabiyah Al-Ma’ashir disebutkan bahwa kata Jumat dapat dibaca dalam tiga bentuk yakni Jumu’ah, Jum’ah, dan Juma’ah, yang memiliki makna berkumpul.

Hal ini sesuai dengan fakta bahwa pada hari inilah umat Islam berkumpul bersama-sama untuk melaksanakan rangkaian ibadah yang diawali dengan dua khutbah dan dilanjutkan dengan shalat jamaah dua rakaat.

Dua rangkaian ini merupakan ibadah yang tidak bisa dipisahkan. Dua-duanya harus diikuti secara maksimal sehingga ibadah yang dilaksanakan bisa sah secara syar’i. Saat khatib ber khutbah, jamaah harus dengan seksama memperhatikan materi apa yang disampaikan sebagai bahan peningkatan keimanan dan ketakwaan.

Hindari melakukan hal-hal lain yang tidak berguna yang mengakibatkan ketidakabsahan ibadah Jumat seperti berbicara atau ngobrol dengan jamaah lain, bercanda, tidur, atau menggunakan handphone saat khatib berkhutbah.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait