Khutbah Jumat Tentang Kemerdekaan PDF: Rayakan Kemerdekaan Dengan Aman dan Iman (Bahasa Indonesia)

Ilustrasi Kemerdekaan RI
Ilustrasi Kemerdekaan RI

KHUTBAH JUMAT PERTAMA

الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ دَائِمُ الْمُلْكِ وَالسُّلْطَانِ، وَمُبْرِزُ كُلِّ مَنْ سِوَاهُ مِنَ الْعَدَمِ اِلَى الْوِجْدَانِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَخِيْرَتُهُ مِنْ نَوْعِ الْاِنْسَانِ، نَبِيٌّ رَفَعَ اللهُ بِهِ الْحَقَّ حَتَّى اتَّضَحَ وَاسْتَبَانَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الصِّدْقِ وَالْاِحْسَانِ.

أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Bacaan Lainnya

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita bersama-sama meningkatkan Iman dan takwa kepada Allah SWT. Semua itu kita lakukan dengan cara menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Karena dengan bekal iman dan takwa, kita akan selamat di dunia dan akhirat kelak. Amin.

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Alhamdulillah, puji syukur mari kita senantiasa tujukan kepada Allah swt yang telah mencurahkan karunia nikmat Islam, iman, kesehatan, dan kesempatan sehingga sampai detik ini kita masih diberikan umur panjang dan dapat beribadah dengan tenang.

Karena tidak semua orang, khususnya umat Islam, mampu beribadah dengan tenang karena situasi dan kondisi lingkungan yang tidak aman. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu misi utama diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.

 وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Agar kualitas ibadah yang kita lakukan bisa maksimal, tentu ketenangan dan keamanan dalam beribadah menjadi faktor paling penting. Kuatnya keimanan harus didukung dengan kondisi keamanan lingkungan, agar ibadah bisa dilaksanakan dengan khusyuk atau tenang.

Dan alhamdulillah, tsummalhamdulillah, kita bangsa Indonesia bisa merasakan kondisi negara yang aman, sehingga bisa beribadah dengan khusyuk dan tenang.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait